Polisi Membantu Ibu Melahirkan Di Jalan Akibat Lockdown

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Senin, 3 Agustus 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Malaysia – Petugas kepolisian Malaysia menjadi perbincangan hangat. Ini lantaran mereka tertangkap kamera membantu seorang ibu yang terpaksa melahirkan di jalanan.

Peristiwa itu terjadi di Dataran Todak, Kota Kinabalu, Sabah. Wanita itu tidak dapat dilarikan ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Sabah (HWKKS) akibat tidak cukup waktu.

Dikutip dari Dream.co.id (01/08/2020), Pahmah Nastih, 38 tahun yang merupakan warga Kampung Kasupan, Pulau Gaya, harus menggunakan perahu untuk sampai ke Dermaga Besar Kota Kinabalu dan menuju rumah sakit. Sementara, bayi dalam kandungannya sudah akan keluar.

Dia ditemani kakak iparnya, Halilih Ladjahali dan istrinya sepanjang perjalanan. Menurut Halilih, suami Pahmah sedang pergi ke laut untuk memancing ketika persalinan ini terjadi.

Sampai di Dermaga Besar Kota Kinabalu, mereka kesulitan mendapat transportasi lantaran pembelakukan lockdown. Mereka pun sempat putur asa.

Dua orang polisi yang sedang berpatroli bergegas mendatangi mereka. Mereka segera memberikan bantuan.

” Istri saya menenangkan Pahmah. Secara kebetulan, dua petugas polisi, salah satunya adalah seorang wanita, yang berpatroli bergegas ke kami dan membantu kami,” kata Halilih.

Tak Cukup Waktu ke Rumah Sakit

Kemudian anggota polisi tersebut meminta bantuan ambulans agar membawa Pahmah ke rumah sakit secepatnya. Saat menunggu ambulans, istri Halilih mengatakan Pahmah sudah mau melahirkan.

Kedua polisi itu lalu bergegas membantu Pahmah untuk melahirkan. Wanita itu akhirnya melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan di pinggir jalan Dataran Todak.

Selang berapa menit setelah kejadian heroik tersebut, datanglah ambulans dan membawa Pahmah serta putrinya yang selamat ke rumah sakit.

Kepala Kepolisian Distrik Kota Kinabalu, Asisten Komisaris Habibi Majinji menyatakan memang tugas polisi adalah untuk merawat warga sipil selama lockdown berlangsung.

” Sang ibu dan anaknya saat ini menerima perawatan lebih lanjut di HWKKS,” kata AC Habibi Majinji.

Meskipun kepolisian bertugas menegakkan lockdown, mereka tetap berkomitmen dalam membantu anggota masyarakat selama situasi mendesak.

Semoga kisah ini dapat menginspirasi pihak kepolisian agar dapat saling membantu dengan masyarakat, ya! (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: