Pokdakan Sembilan Pondok Jagung Berhasil Panen 1 Ton Lele Sangkuriang

Rabu, 10 Februari 2016
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Sembilan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Tangsel, menggelar panen raya pada Selasa, (9/2/2016). Dalam panen tersebut Pokdakan Sembilan Pondok Jagung menghasilkan sebanyak 1 ton ikan lele sangkuriang.

Dalam acara tersebut, hadir Lurah Pondok Jagung OO Madiyah Sugianto dan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (DPKP) Dadang Raharja.

Ketua Pokdakan Pondok Jagung Sanip menjelaskan, jenis ikan lele sangkuriang sekarang ini sedang di gandrungi karena selain cepat besar juga mudah dalam hal perawatannya bahkan ikan sangkuriang tidak rentan dengan penyakit, untuk itu dirinya bersama kelompok lainnya melakukan pembudidayaan ikan lele sangkuriang.

Sanip mengatakan, panen kali ini menghasilkan sebanyak 1 ton dari benih ikan sebanyak 15.000 dengan harga jual sebesar Rp 17 ribu hingga Rp 18 ribu perkilonya.

“Kami melakukan budidaya ikan lele sejak awal 2015, selain mudah juga sangat efektif menambah penghasilan,” ungkapnya.

Dia bersama anggota lainnya tidak menyangka, bahwa budidaya yang dirinya kerjakan bersama teman-teman lainnya berhasil.

“Keberhasilan ini tidak hanya dari kami sendiri, namun juga berkat bantuan dari pemerintah, kedepannya kami berharap bisa mendapatkan kembali perhatian dari pemkot Tangsel,” harapnya.

Kepala DPKP Dadang Raharja mengatakan, panen lele yang dihasilkan Pokdakan Sembilan Pondok Jagung sangat bagus dan dirinya mengapresiasi kesuksesan pokdakan ini.

“Bagus, dan ikannya besar-besar,” katanya.

Dadang mengatakan, untuk pokdakan, dirinya sudah memberikan bantuan berupa benih ikan.

“Kita selalu memberikan bantuan berupa benih ikan ke pokdakan yang ada di Tangsel,” katanya.

Lurah Pondok Jagung, OO Madiyah Sugianto mengatakan, dirinya selalu mendorong kegiatan diwilayahnya apalagi kegiatan itu positif, terkait dengan panen raya ikan lele pokdakan Sembilan dirinya sangat mendukung.

Selain nilai positif yang tinggi juga budidaya ikan lele ini kan juga bisa utuk menambah kemajuan ekonomi khususnya diwilayah pondok jagung dan ia juga berharap hal ini dapat perhatian pemerintah kota Tangsel,” pungkasnya. (sophie)