PKB Puji Jokowi Meminta Izin Parlemen Untuk Pindahkan Ibu Kota

FOTO: detik.com/indolinear.com
Sabtu, 17 Agustus 2019

Indolinear.com, Jakarta – PKB mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta izin memindahkan ibu kota dalam pidato kenegaraan di sidang bersama DPR-DPD. PKB menilai Jokowi menunjukkan kesederhanaannya.

“Saya kira baguslah begitu. Artinya, Pak Jokowi dengan kesederhanaan beliau, dengan, walaupun sebenarnya punya hak untuk memindah langsung, tetapi beliau secara terbuka meminta izin dan juga lewat menteri-menterinya juga membahas dengan DPR,” kata Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, dilansir dari Detik.com (16/08/2019).

Karding meminta pilihan pemindahan ibu kota ini didukung sambil tetap diberi masukan-masukan yang membangun. Menurutnya, dengan memindahkan ibu kota ke Pulau Kalimantan, hal itu akan bisa merangsang pertumbuhan ekonomi setempat.

“Karena memang Jakarta ini sudah terlalu padat, terlalu berat, dan menurut saya kalau itu memang dibagi ke sana, itu akan membuka, merangsang pertumbuhan ekonomi daerah-daerah sekitar. Terutama kalau misalnya di Kalimantan itu Kalimantan-nya akan jadi baik, mengurai kemacetan,” ujarnya.

Soal rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan itu sempat disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang tahunan DPR-DPD hari ini. Ia meminta izin kepada para anggota Dewan untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan. Rencana pemindahan ibu kota negara ini sudah beberapa kali dibahas.

“Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak-Ibu anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” kata Jokowi di kompleks parlemen, tadi. (Uli)