Pilihan Mobkas Senilai Toyota Agya Baru Yang Bikin Naik Kelas

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 12 Januari 2019

Indolinear.com, Jakarta – Ketika anggaran kita terbatas, tentu kita harus berpikir cerdas bagaimana mendapatkan mobil yang sesuai dana dan kebutuhan. Misalnya kita hanya punya uang Rp 155 jutaan. Dengan jumlah ini kita bisa mendapatkan Toyota Agya baru yang harganya dimulai dari Rp 135 juta.

Nah, kalau Anda punya dana sebesar itu, sebetulnya ada opsi lain. Misal mobil bekas yang juga bermerek Toyota. Pilihannya bisa berupa Avanza, Yaris, Vios dan Altis. Kelebihan mereka, menawarkan fitur lebih komplet dari si LCGC.

Toyota Avanza 1.3 G AT 2015Harga bekas Avanza G AT 1,3 liter keluaran 2015 sekitar Rp 150 jutaan. Jika Anda membelinya di shoowroom mobkas, mungkin agak sedikit berbeda. Kisaran harga itu berlaku pada mobil dengan kondisi normal dan pemakaian wajar. Jika dibanding dengan Agya, LMPV ini punya lebih banyak kelebihan, dilansir dari Liputan6.com (10/01/2019).

Avanza yang dijual di Indonesia dilengkapi fitur keselamatan standar rem ABS (Anti-lock Brake System) dan dual SRS airbags. Bahkan untuk tipe terendahnya sekalipun. Demi keselamatan, Avanza menyediakan tujuh sabuk keselamatan tiga titik dengan pretensioner. Didukung pula oleh force limiter yang dapat mengurangi risiko cedera saat terjadi benturan.

Semua varian Toyota Avanza sudah didukung Side Impact Beam. Merupakan batang pelindung di bagian dalam rangka daun pintu, yang menjaga penumpang dari benturan samping. Fungsi pengait kursi bayi (ISOFIX) tersedia pada setiap tipe Avanza. Begitupun dengan fitur front passenger seat belt warning. Kunci dengan sistem immobilizer pun tersedia pada tipe G ke atas.

Toyota Yaris G AT 2014

Jika Anda ingin punya mobil hatchback, Yaris matik bisa jadi pilihan. Selain mukanya lebih tampan, dimensinya juga lebih lapang dari Agya baru. Untuk keluaran tahun ini, tidaklah terlalu tua, soal performa mesin dan perawatannya. Harga Yaris bekas 2014 matik sekitar Rp 145 jutaan.

Kehebatannya, Toyota Yaris dilengkapi teknologi ABS untuk mencegah penguncian roda saat pengereman darurat di jalan licin. Lalu tersedia juga EBD (electronic brake distribution). Fungsinya membagi tenaga pengereman secara proporsional, berdasarkan beban secara elektronik. Dan disokong oleh BA (brake assist), yang berfungsi untuk menambah tenaga pengereman saat dalam kondisi panik.

Interior Toyota Yaris dilengkapi dengan dual SRS airbags, untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan dari risiko cedera serius saat tabrakan. Sebagai standar, sabuk keselamtan dilengkapi pretensioner dan force limiter, agar posisi tubuh tetap bersandar pada kursi.

Tidak hanya penumpang dewasa, jika Anda membawa anak kecil, mobil dilengkapi dengan ISOFIX. Fitur ini untuk memasang kursi bayi tambahan pada baris kedua. Satu lagi fitur keselamatan yang cukup penting adalah WIL (whiplash Injury lessening). Sebuah fitur untuk melindungi kepala saat terjadi tabrakan dari belakang. Sehingga cedera pada leher dapat diminimalisasi.

Model ini masih mengandalkan mesin 1NZ-FE 4-silinder 1,5-liter yang terkenal awet, kencang dan juga irit.

Toyota Vios G AT 2014

Kalau Anda memilih Toyota Vios keluaran 2014, baiknya lupakan soal gengsi. Memang dipakai untuk taksi dengan emblem LIMO. Tapi Vios jauh lebih nyaman dikendarai dibanding mobil LCGC. Segudang fitur turut disuguhkan demi keamanan dan kenyamanan penumpang. Lihat saja pada kabin yang dilengkapi auto AC (air conditioner) plus indikator digital. Terdapat pengaturan suhu kabin, kecepatan blower, aliran udara AC dual zone autoclimate, auto switch dan destrosfer switch. Apalagi fitur smart start stop system yang memberikan kemudahan Anda, saat menghidupkan atau mematikan mesin.

Lalu pada fitur keselamatan, dua SRS airbag tersemat. Dan Vios pakai pelambat laju model disc pada roda depan, serta drum brake pada roda belakang. Tapi pengereman mengantongi teknologi ABS, EBD dan break assist. Terakhir, jika Anda membuka pintu mobil, Vios punya smart entry yang menjadi bagian dari sistem immobilizer. Keamanan dan kemudahan bisa didapat. (Uli)