Pikap Kesayangan Kerja Keras, Pemilik Wajib Cek Tiga Bagian Ini

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 18 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Mobil pikap, seperti Suzuki Carry memang menjadi kendaraan usaha yang biasa bekerja cukup keras. Dengan Dengan bak berukuran panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm, model ini mampu mengangkut muatan seberat 1 ton.

Agar kinerjanya tetap terjaga, konsumen harus melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, serta memperhatikan spesifikasi kendaraan dan peraturan di jalan raya.

Dengan perawatan berkala, mekanik akan selalu memeriksa kondisi dan pengaturan komponen bila terjadi perubahan setelan sehingga mobil terhindar dari kerusakan yang parah. Hal ini sangat penting dilakukan terutama bagi konsumen yang menggunakan Suzuki Carry secara maksimal dalam menjalankan bisnisnya.

Salah satu pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah cek kondisi kaki kaki yang meliputi balancing & spooring, tekanan angin, hingga pemeriksaan permukaan dan usia ban, dilansir dari Liputan6.com (16/08/2021)

Kaki kaki merupakan bagian penting karena berfungsi menstabilkan pengendalian kendaraan selama dijalankan. Kaki kaki terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung satu sama lain. Dari beberapa komponen tersebut, ban atau roda adalah yang paling terlihat dan perawatannya bisa kita lakukan sendiri.

Pertama, perhatikan tekanan angin pada ban. Jika ban kekurangan tekanan, maka dapat memicu permukaan ban menjadi rusak dan permukaan ban yang bergesekan dengan jalan akan bertambah lebar sehingga menambah beban mesin dan konsumsi bahan bakar.

Sebaliknya, apabila kelebihan tekanan pada ban maka ban menjadi keras, mengurangi fungsi peredaman, dan akan mempengaruhi fungsi pengereman karena licin. Mengecek tekanan angin ban merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang umur ban, menghemat bahan bakar, dan mengurangi risiko kecelakaan.

Cek Permukaan Ban

Selanjutnya pastikan mengecek permukaan ban. Ganti ban jika permukaannya sudah botak. Mengecek usia ban juga penting dan disarankan tidak menggunakan ban yang sudah kedaluwarsa atau ban yang berusia lebih dari enam tahun.

Terakhir, pemeriksaan lain yang juga sangat penting adalah spooring dan balancing. Seperti diketahui, spooring dilakukan untuk meluruskan kembali dudukan empat roda mobil seperti saat baru keluar dari pabrik, sedangkan balancing dilakukan untuk menyesuaikan/menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda. Sehingga keduanya sangat vital fungsinya dalam menjaga kenyamanan dan kestabilan kendaraan, terutama untuk kendaraan komersial yang sehari-hari membawa beban berat.

Terkait dengan perawatan Suzuki Carry, Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales menambahkan,Suzuki Carry dengan mesin dan bodi yang kokoh dan kuat, diharapkan pengguna tetap memperhatikan perawatan kendaraan dan kapasitas muatan agar mesin mampu bekerja secara optimal untuk jangka waktu yang lama.

“Selain memperhatikan muatan, pemilik New Carry Pick Up disarankan untuk melakukan servis berkala ke bengkel resmi. Suzuki Indonesia akan terus berupaya menghadirkan pelayanan dan produk-produk berkualitas untuk mendukung para pelaku usaha dan pelanggan setia,” jelasnya. (Uli)