Petugas Penyelamat Berhasil Temukan 30 Pendaki Semeru Dievakuasi

Sabtu, 24 Oktober 2015
Nasional | Uploader Arif
loading...

MALANG – Petugas penyelamat sudah berhasil menemukan 30 orang pendaki di Gunung Semeru. Evakusi dilakukan menyusul insiden kebakaran yang terjadi di Blok Watu Rejeng Gunung. Api sampai saat ini masih berkobar. Sementara para petugas berpacu menggiring para pendaki dari Ranu Kumbolo menuju Aykayek Lumajang.

“Para pendaki digiring dari Ranu Kumbolo ke Ranu Pane ke Ayek-ayek Lumajang,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ayu Dewi Utari, Jumat (23/10/2015).

Puluhan pendaki kata Ayu semua dalam keadaan baik. Kondisinya hanya sedikit lelah karena baru turun dari puncak Mahameru.

“Insya Allah mereka bisa sampai Ayek-ayek dengan selamat,” tambahnya.

Dalam evakuasi tersebut, TNBTS menurunkan sedikitnya 50 petugas dan warga ke lokasi kebakaran, di jalur pendakian antara shelter (pos) 2 sampai dengan shelter 3. Selain melakukan evakuasi, petugas juga berusaha memadamkan api.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran di Blok Watu Rejeng terjadi sejak Rabu, (21/10/2015) dan sudah menghabiskan sekitar 10 hektar hutan. Atas insiden itu, seluruh jalur pendakian ditutup total sejak. Adapun 30 pendaki yang dievakuasi masuk sebelum terjadi kebakaran.

(ril)

Sum,ber : Pojoksatu.id