Petani Teluknaga Ekspor Sayuran  ke Hongkong Setiap Bulan

FOTO: indolinear.com
Sabtu, 5 Januari 2019

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Bagas, petani asal Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang adalah contoh pemuda yang menekuni dunia pertanian dengan sukses. Lekaki yang memulai usahanya dari nol ini, kini mampu mengekspor sayur-sayuran dan buah-buahan ke Hongkong setiap bulannya.

Keberhasilan Bagas ini diapresiasi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Dia bersama sejumlah pejabat meninjau kebun milik Bagas dan melakukan panen raya bersama sejumlah organisasi pemuda,  Jumat (4/1/2019).

Usai melakukan  panen Zaki mengatakan, kegiatan pertanian di Kabupaten Tangerang  akan kembali  digalakan di tahun 2019 ini. Digalakannya kembali sektor pertanian ini karena lahan di Kabupaten Tangerang yang  makin terbatas.

“Ke depan  bagaimana kita memanfaatkan lahan yang terbatas dengan produktivitas yang tinggi.  Jadi konsepnya nanti, ketahanan pangan di Kabupaten Tangerang bukan hanya sawah dan padi lagi tapi juga sayur-mayur, buah-buahan dan produk-produk holtikultura,” kata Zaki.

Zaki sendiri sangat mengapresiasi kerja Bagas dalam bidang pertanian. Dia menilai,   kerja keras Bagas bisa  menjadi lokomotif bagi pemuda untuk  bergerak  turun ke kebun ataupun ladang.

Di tempat yang sama Bagas menuturkan setiap bulan dirinya mampu mengekspor sayur-mayur dan buah-buahan ke Hongkong. Ada 20 jenis sayur dan buah yang dia ekspor setiap bulannya ke Hongkong. Buah dan sayur yang dia ekspor sebagian besar dari kebunnya. Sebagian lagi berasal dari petani sekitar.

“Setiap bulan saya ekspor sayur dan buah buahan sebanyak 20 ton,” katanya.

Bagas menuturkan, dirinya  mengawali usaha ini dari nol. Baginya banyak suka duka menjadi petani dan  itu harus siap.

“Siap kotor, siap capek dan siap bau,” katanya.(pde)

%d blogger menyukai ini: