Petaka Syuting Film Twilight Zone, Tiga Aktor Tewas

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 25 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pada 23 Juli 1982, aktor asal AS, Vic Morrow dan dua aktor anak-anak, Renee Shinn Chen dan Myca Dinh Le, tewas dalam kecelakaan yang melibatkan helikopter di sebuah tempat produksi di California saat pembuatan film Twilight Zone: The Movie.

Vic Morrow (53 tahun), dan dua aktor anak-anak lainnya yang berusia enam dan tujuh tahun, pada saat itu tengah melakukan syuting adegan pertempuran yang bertemakan Perang Vietnam di mana mereka seharusnya berlari dari kejaran helikopter.

Namun nahas, efek ledakan yang dibuat secara khusus di lokasi pembuatan film membuat pilot kendaraan udara tersebut kehilangan kendali hingga menabrak ketiga aktor itu.

Kecelakaan itu terjadi pada hari terakhir syuting film tersebut.

Karena petaka tersebut, Co-sutradara film Twilight Zone, John Landis, dan empat pria lainnya yang terlibat membuat film tersebut, termasuk koordinator efek khusus untuk film dan pilot helikopter, didakwa melakukan pembunuhan tak disengaja.

Hal itu merupakan yang pertama kalinya seorang sutradara menghadapi tuntutan pidana atas peristiwa yang terjadi saat pembuatan film, menurut laporan New York Times pada tahun 1987.

Dalam persidangan, pembelaan menyatakan bahwa insiden itu adalah kecelakaan yang tidak dapat diprediksi.

Tetapi, jaksa mengklaim bahwa Landis dan krunya telah bertindak ceroboh dan melanggar hukum terhadap aktor anak-anak, termasuk peraturan tentang kondisi dan jam kerja mereka.

Hingga pada tahun 1987, saat persidangan yang berlangsung hingga 10 bulan itu usai,  juri membebaskan kelima terdakwa.

Sementara pihak keluarga dari tiga korban mengajukan gugatan terhadap Landis, rumah produksi Warner Brothers, dan co-sutradara film Twilight Zone juga produser Steven Spielberg dengan jumlah yang dirahasiakan, demikian seperti dikutip dari Liputan6.com (23/08/2020).

Sekilas Tentang Film Twilight Zone: The Movie

Twilight Zone: The Movie merupakan film yang dirilis pada musim panas di tahun 1983.

Film yang didasarkan pada serial TV fiksi ilmiah populer dengan nama yang sama itu ditayangkan dari tahun 1959 hingga 1964 yang dibuat oleh Rod Serling.

Untuk versi filmnya, empat sutradara yang terdiri dari John Landis, Steven Spielberg, Joe Dante dan George Miller masing-masing mengambil adaptasi episode berbeda dari serial TV itu, yang menceritakan kisah-kisah tentang orang-orang yang menemukan diri mereka dalam situasi yang sangat tidak biasa.

Vic Morrow menampilkan bakat aktingnya di berbagai acara TV dan film-film yang di antaranya yaitu The Blackboard Jungle, rilisan tahun 1955, dan The Bad News Bears, yang merupakan film rilisan tahun 1976.

Morrow juga merupakan ayah dari aktris Jennifer Jason Leigh, yang memainkan film Fast Times at Ridgemont High dan Margot at the Wedding. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: