Pesan Lingkungan dari Joaquin Phoenix

FOTO: femina.go.id/indolinear.com
Senin, 30 Maret 2020

Indolinear.com, Amerika – Kesempatan menerima piala di panggung penghargaan Golden Globe, Screen Actors Guild (SAG), dan Oscar dijadikan aktor Joaquin Phoenix untuk menggelitik kesadaran lingkungan di kalangan Hollywood juga memberi contoh pada dunia.

Salah satunya adalah pada ketiga acara tersebut, ia akan mengenakan setelan jas yang sama untuk mengurangi sampah. Saat menerima piala sebagai aktor terbaik Golden Globe Awards ia menyindir kebiasaan para selebritas menggunakan pesawat jet pribadi. Sebagai penganut vegetarian ia juga mengucapkan terima kasih pada panitia yang menyajikan makanan berbasis tanaman.

Sebagian orang mungkin berpikir, apakah tindakan Joaquin cukup berarti untuk lingkungan?

Baju yang dikenakan selebritas pada perhelatan besar biasanya hanya dipinjamkan atau diberi, tergantung selebritas dan perancang busana, lalu setelah itu baju itu bisa saja disewakan atau dijual. Tapi inti dari tindakan Joaquin adalah pada kesadarannya untuk memilih mengenakan busana karya Stella McCartney yang terkenal ramah lingkungan. Mulai dari pemilihan bahan baku hingga sampai di tangan pelanggan. Secara tidak langsung Joaquin mengajak masyarakat untuk memperhatikan apa yang mereka beli dan kenakan dan dampaknya pada lingkungan.

Dilansir dari femina.go.id, tindakannya juga seperti mengatakan bahwa mengenakan satu busana berkali-kali adalah sebuah pilihan yang bisa dilakukan untuk menekan produksi sampah fashion. Anda bisa menerapkannya dengan berbagai cara, misalnya dengan berlangganan jasa penyewaan busana untuk acara tertentu ketimbang membeli yang baru, merombak model pakaian lama untuk mendapatkan tampilan yang lebih segar, melakukan clothing swap,  merawat pakaian dengan baik agar bisa melungsurkannya, dan lain sebagainya.

Sementara plant base diet adalah salah satu cara untuk mengurangi emisi karbon karena produksi-distribusi-konsumsi daging.

Joaquin tampaknya ingin menggunakan sebaik mungkin perhatian dunia yang menyorotinya, untuk isu yang jadi kepeduliannya sejak lama. Beberapa hari setelah menerima piala Golden Globe ia bahkan ikut demo protes tentang krisis lingkungan bersama aktris legendaris Jane Fonda, yang  membuatnya ditahan dalam penjara satu malam.(pit)

INDOLINEAR.TV