Perusahaan Konstruksi China Bangun Gedung 10 Lantai Dalam Sehari

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 17 Agustus 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, China – Grup Broad China baru-baru ini memamerkan Living Building. Ya, sistem bangunan modular ini terbilang inovatif.

Sistem itu bisa mendirikan gedung apartemen 10 lantai di Changsha, Tiongkok, dalam waktu 28 jam 45 menit. Wah, cepat sekali, ya!

Sudah Menghuni 30 Tahun, Wanita Ini Tercengang Saat Tahu Sejarah Rumahnya

Dikutip dari Dream.co.id (15/08/2021), secara teknis, bangunan ini baru dirakit di Changsa, dengan tiga crane dan satuan kerja yang besar. Semua komponen dibangun di pabrik Grup Broad setempat dan diangkut dengan truk.

Salah satu fitur dari sistem ini adalah modul wadah yang sudah jadi dan hanya perlu dipasang di lokasi pembuatan, beserta listrik dan pipa ledeng yang sudah terhubung.

Bangun Rumah Seperti Mobil

Komponen modular ini terbuat dari pelat baja Bcore yang bisa dilipat menjadi ukuran standar, yaitu 40 kaki. Dengan ukuran ini, modul ini bisa diangkut dengan angkutan darat dan laut.

Kemudian, sesampainya di lokasi, proses instalasinya pun terbilang “ sederhana”. Modul dikencangkan satu sama lain sehingga membentuk bangunan. Kemudian, dipasang listrik dan pipa ledeng.

Menurut perusahaan, struktur baja ini tahan karat. Plus 10 kali lebih ringan dan 100 kali lebih kuat daripada bangunan konvensional.

Struktur baja Living Building ini juga diklaim 30 tahun lebih tahan korosi daripada baja konvensional. Masa pakainya pun lebih lama, yaitu 1.000 tahun.

Tahan Goyangan Gempa dan Topan

Bangunan ini diklaim tahan goyangan gempa besar dan angin topan. Tak hanya itu, biayanya pun lebih murah daripada struktur tradisional.

Gedung ini punya insulasi setebal 22 cm dan jendela kaca 3-4 panel serta sistem pemulihan panas yang cerdas. Berkat teknologi ini, biaya energi Living Building hanya seperlima sampai sepersepuluh dari bangunan tradisional.

Bersama Hadapi Masa Sulit, Juragan Kontrakan Bebaskan Uang Sewa 3 Bulan

Namun, tak dijelaskan kapan konsep sistem pembangunan gedung dalam sehari ini bisa diluncurkan. (Uli)