PERUMDAM TKR Pasang 5 Ribu Sambungan Baru di Rajeg

FOTO: rahmat/indolinear.com
Sabtu, 21 Maret 2020

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Lebih kurang lima ribu rumah penduduk Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, akan mendapat aliran air bersih. Kabar gembira ini menyusul program kerja Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PERUMDAM TKR) pada tahun ini.

Di mana, perusahaan pelat merah milik Pemerintah Kabupaten Tangerang ini akan memasang sambungan langsung (SL) di 12 kawasan permukiman di Rajeg. Hal itu sebagai salah satu upaya PERUMDAM TKR dalam mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tangerang Tahun 2018-2023.

Plt Direktur Utama sekaligus Direktur Umum PERUMDAM TKR Sofyan Sapar mengatakan, sekitar 5.000 SL dari target sebanyak 3.519 SL bakal terpasang di wilayah Kecamatan Rajeg pada Maret 2020.

“Kami siap melayani permohonan sambungan pelanggan baru di 12 perumahan,” ujar Sofyan, Jumat (20/3/2020).

Dia menyebut, lokasi pemasangan SL bagi pelanggan baru tersebut di Nuansa Mekarsari 1, Nuansa Mekarsari 2, Graha Mekarsari Indah, Puri Mekarsari, Prima Mekarsari, Green Mekarsari Residence, Bintang Mekarsari, New Graha Mekarsari, Senopati Residence, Grean Leafe, Kota Sutra, dan Taman Raya Rajeg.

Menurut Sofyan, penduduk setempat selama ini kesulitan mendapatkan air bersih. Sehingga, pemasangan SL di wilayah operasional Instalasi Pengolahan Air Ibu Kota Kecamatan (IPA IKK) Rajeg ini menjadi salah satu prioritas.

“Kami sangat menyadari kebutuhan air bersih di wilayah Rajeg ini, karena selain semakin padat penduduk, kondisi air bawah tanahnya tidak layak untuk digunakan,” kata dia.

Pelayanan air bersih di 12 perumahan itu, lanjut dia, merupakan buah kerja sama PERUMDAM TKR dengan PT Aetra Air Tangerang. Pasalnya, pasokan air bersih produksi PERUMDAM TKR belum dapat menjangkau wilayah Rajeg.

Selain di Rajeg, PERUMDAM TKR berencana akan melakukan pemasangan SL di Kecamatan Tigaraksa dan Kecamatan Teluknaga. Sofyan mengatakan, target pada tahun ini yakni 25.307 sambungan baru. Dia pun optimistis mencapai target tersebut, karena baik di Cabang Tigaraksa maupun Cabang Teluknaga sudah ditambah kapasitas produksi masing-masing 100 liter per detik.

”Alhamdulillah, mulai dari pemasangan JDU (Jaringan Distribusi Utama) dan Retikulasi serta pembangunan Intake dan IPA, kami sudah mengeluarkan investasi secara mandiri. Hal ini  merupakan komitmen manajemen untuk fokus melayani masyarakat Kabupaten Tangerang,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PERUMDAM TKR Kabupaten Tangerang Samsudin Sidik, mengamini pencapaian target 60 persen cakupan pelayanan dari jumlah penduduk kabupaten berjuluk kota seribu industri ini.

“Pak Bupati (Ahmed Zaki Iskandar Zulkarnain) menginginkan agar target 60 persen cakupan pelayanan tersebut tercapai pada 2023 mendatang. Realisasi cakupan pelayanan ini dilakukan secara bertahap, supaya masyarakat Kabupaten Tangerang tidak kesulitan akan air bersih,” ujar Samsudin.(srh)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya