Pertunjukkan Perdana Drama Misteri Pembunuhan The Mousetrap Di London

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 26 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, London – “The Mousetrap” adalah sebuah pertunjukkan misteri pembunuhan yang ditulis novelis dan penulis drama Agatha Christie, dibuka di Ambassadors Theatre di London. Film detektif yang menyenangkan penonton akan menjadi drama yang terus berjalan terpanjang dalam sejarah.

Dikutip dari Liputan6.com (24/12/2020), saat The Mousetrap ditayangkan perdana pada 1952, kala itu Christie, yang sudah menjadi novelis misteri Inggris yang sangat sukses, awalnya menulis drama untuk Queen Mary, istri almarhum Raja George V.

Awalnya berjudul “Three Blind Mice”, drama ini memulai debutnya sebagai drama radio selama 30 menit pada ulang tahun ke-80 ratu pada 1947. Christie kemudian memperpanjang drama tersebut dan menamainya “The Mousetrap”, sebuah referensi untuk drama dalam drama yang dilakukan di “Hamlet” karya William Shakespeare.

Pada 25 November 1952, sebanyak 453 orang duduk di Ambassadors Theatre untuk pemutaran perdana The Mousetrap Christie di London. Drama ini diputar di “Monkswell Manor” di mana pada awal drama, penonton akan mendengar aporan radio tentang seorang pembunuh yang berkeliaran.

Segera seorang detektif muncul dengan ski dan menyampaikan berita menakutkan mengenai si pembunuh. Ia juga mengatakan bahwa korban berikutnya kemungkinan besar berada di antara penonton, lalu mereka segera mencari berbagai petunjuk.

Lalu, bila ada individu yang telah diungkapkan identitasnya sebagai pembunuh, maka mereka akan melangkah maju dan memberi tahu penonton bahwa mereka adalah “mitra dalam kejahatan” dan harus menjaga rahasia penjahat terkunci di dalam hati mereka.

Ratusan Aktor Silih Berganti Ikut Pertunjukkan Ini

Richard Attenborough dan istrinya, Sheila Sim adalah bintang pertama The Mousetrap. Hingga saat ini, lebih dari 300 aktor dan aktris telah muncul dan berperan dalam drama tersebut.

David Raven yang memerankan “Major Metcalf” untuk 4.575 pertunjukan, masuk dalam “Guinness Book of World Records” sebagai aktor dengan durasi peran terlama di dunia, sementara Nancy Seabrooke tercatat sebagai pemain pengganti paling lama di dunia yakni 6.240 pertunjukan atau 15 tahun sebagai pemeran pengganti untuk karakter Ny. Boyle.

The Mousetrap tidak dianggap sebagai drama terbaik Christie dan seorang sutradara panggung terkemuka pernah menyatakan bahwa “‘The Mousetrap'” harus dihapuskan oleh tindakan Parlemen. Meski demikian, popularitas acara tersebut tidak berkurang.

Ditanya tentang daya tariknya yang abadi, Christie berkata, “Ini adalah jenis permainan yang bisa Anda ajak siapa pun. Ini tidak terlalu menakutkan. Ini tidak terlalu buruk. Ini sebenarnya bukan lelucon, tapi ada sedikit dari semua hal ini dan mungkin itu memuaskan banyak orang yang berbeda.”

Pada tahun 1974, setelah hampir 9.000 pertunjukan, drama tersebut dipindahkan ke Teater St. Martin, di mana pertunjukan tersebut bertahan hingga Maret 2020, setelah itu pandemi COVID-19 menghentikan jalannya pertunjukan.

Sebagai informasi, Agatha Christie adalah seorang penulis novel. Ia telah membuat puluhan novel misteri terlaris dan dirinya meninggal pada tahun 1976. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: