Pertama Kali dalam Sejarah, Wasit Wanita Akan Memimpin Laga Piala Dunia

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 21 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi momen bersejarah bagi wasit wanita.

Seorang wasit wanita akan memimpin laga-laga di Piala Dunia pria untuk pertama kalinya dalam sejarah,.

Kepastian itu diumumkan oleh induk organisasi sepak bola dunia atau Federation Internationale de Football Association (FIFA) lewat laman resmi mereka yang dilansir dari Kompas.com (20/05/2022).

Sebanyak tiga wasit wanita telah dipilih untuk memimpin laga-laga Piala Dunia 2022 di Qatar.

Tiga wasit wanita yang terpilih untuk memimpin laga Piala Dunia 2022 adalah Stephanie Frappart (Perancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang).

Mereka nantinya juga akan dibantu oleh tiga asisten wasit wanita dalam turnamen yang bakal dimulai pada 21 November 2022 tersebut.

Sebelum  mengukir sejarah di Piala Dunia 2022, ketiga wasit tersebut sudah terlebih dahulu mencatatkan namanya di dalam buku sejarah sepak bola.

Stephanie Frappart telah mencetak sejarah sebagai wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions kategori pria pada laga Juventus vs Dyanmo Kiev, Desember 2020 lalu.

Kemudian, Salima Mukansanga menjadi wasit wanita pertama yang memimpin laga Piala Afrika pada laga Zimbabwe vs Guinea pada Januari 2022 lalu.

Terakhir, Yoshimi Yamashita juga menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions Asia antara antara Melbourne City FC dan Jeonnam Dragons pada April 2022.

Alasan Penunjukkan Wasit Wanita untuk Piala Dunia 2022 Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, menuturkan proses pemilihan wasit untuk Piala Dunia 2022 didasarkan pada kualitas sang pengadil lapangan. Collina menegaskan bahwa gender tidak berpengaruh apa-apa dalam pemilihan tersebut.

“Seperti biasa, kriteria yang kami gunakan adalah quality first dan ofisial pertandingan yang dipilih mewakili tingkat wasit tertinggi di dunia,” kata Pierluigi Collina.

“Ini mengakhiri proses panjang yang dimulai beberapa tahun lalu dengan penempatan wasit wanita di turnamen junior dan senior pria FIFA,” ujar pelatih legendaris Serie A itu menambahkan.

“Dengan cara ini, kami jelas menekankan bahwa kualitaslah yang penting bagi kami dan bukan gender,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Collina berharap di masa depan pemilihan ofisial wanita di pertandingan sepak bola kategori pria dianggap sesuatu yang normal.

“Saya berharap ke depan, pemilihan ofisial pertandingan elite putri untuk kompetisi penting putra akan dianggap sebagai sesuatu yang normal dan tidak lagi sensasional,” ujar eks wasit asal Italia tersebut menambahkan.

Secara total telah dipilih 36 wasit, 69 asisten wasit, dan 24 ofisial VAR untuk Piala Dunia 2022 Qatar. (Uli)

loading...