Pertama Di Dunia, Korea Selatan Resmi Menghadirkan Koneksi 5G

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 17 April 2019

Indolinear.com, Korsel – Korea Selatan secara resmi jadi negara pertama yang mengusung konektivitas 5G dengan deretan kecepatannya.

Tiga operator seluluer yang berkontribusi dalam rilisnya 5G di Korea Selatan adalah SK Telecom, KT, dan LG Uplus. Peluncuran dilakukan pada hari Rabu waktu setempat.

Dikutip dari Merdeka.com (16/04/2019), sebagai bentuk peluncuran layanan 5G di Korea Selatan, SK Telecom memberikan kesempatan lebih dulu pada enam orang yang beruntung untuk menjadi pelanggan pertama.

Pelanggan pertama yang sudah dapat menjajal layanan 5G tersebut adalah dua anggota Exo, peraih medali olimpiade, atlet esports, atlet para-renang, hingga pengguna terlama SK Telecom.

Menurut SK Telecom, keenamnya merupakan pelanggan pertama layanan 5G di dunia. Di saat yang bersamaan, Samsung juga membuka penjualan Galaxy S10 5G di negara tersebut.

Oleh sebab itu, smartphone tersebut menjadi satu-satunya perangkat yang mendukung jaringan 5G di Korea Selatan. Namun untuk saat ini, belum dapat diketahui kapan layanan 5G akan digulirkan ke pasar yang lebih luas.

Meski belum pasti, ketiga operator Korea Selatan itu sebenarnya sudah berencana untuk memperluas jaringan 5G ini ke daerah lain. Mereka menyebut setidaknya jaringan 5G diharapkan dapat menjangkau 85 kota hingga akhir 2019.

Rencana Korea Selatan untuk menggelar 5G memang sudah diketahui sejak bulan lalu. Hal itu dipastikan setelah Menteri Keuangan Korea Selatan, Hong Nam-ki, membicarakannya dengan sejumlah pejabat.

Saat itu, dia berbicara mengenai inovasi yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah 5G yang siap digulirkan pada akhir Maret 2019.

Uniknya, menurut kabar yang beredar, jadwal peluncuran 5G di Korea Selatan dimajukan lebih awal. Alasannya, mereka ingin meluncurkan 5G lebih dulu dari Amerika Serikat, tepatnya Verizon.

Dari laporan yang beredar, perubahan ini dilakukan di menit-menit terakhir setelah sebelumnya dilakukan pertemuan dengan sejumlah regulator di Korea Selatan.

Menurut laporan Yonhap, peluncuran di Korea Selatan terjadi lebih cepat karena zona waktu. Karenanya, peluncuran 5G di Korea Selatan sedikit lebih cepat ketimbang Verizon di Amerika Serikat.

Verizon sendiri juga dilaporkan juga mengumumkan kehadiran layanan 5G di Chicago dan Minneapolis pada Rabu waktu setempat yang maju lebih awal dari rencana sebelumnya yakni 11 April. (Uli)