Persiapkan Hal Ini Pada Saat Hari Pertama Puasa

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 5 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tak terasa minggu depan sudah memasukin bulan Ramadan. Artinya Anda yang beragama Islam harus bersiap-siap untuk menjalani ibadah puasa.

Hari pertama puasa sebenarnya tak berbeda jauh dibanding hari biasa, terutama bagi para pekerja di Jakarta. Jalanan akan macet saat orang pulang kantor ingin berbuka di rumah masing-masing.

Sering kali, karena macet dan salah memperkirakan waktu perjalanan, Anda terpaksa berbuka puasa di mobil. Beruntung jika Anda memang mempersiapkan semuanya, misalnya minuman dan makanan ringan untuk membatalkan puasa. Jika tidak, tentu akan repot.

Nah, karena itu, salah satu hal yang dapat dilakukan selama bulan puasa ini adalah selalu mempersiapkan makanan ringan atau minuman yang bisa dikonsumsi di dalam mobil, jika seandainya Anda akan berbuka puasa di jalan.

Tapi, usahakan jangan membawa makanan berat seperti nasi dan lauk-pauk. Makanan berat dapat merepotkan pengemudi, dan memang lebih baik jika makan makanan tersebut saat sudah tiba di rumah, dilansir dari Liputan6.com (03/10/2020).

Selain makanan, pastikan juga radio mobil berfungsi dengan baik agar Anda dapat mengetahui kapan adzan Magrib berkumandang. Jika tidak ada, gunakan sarana lain yang dapat menginformasikan waktu adzan tiba, misalnya aplikasi smartphone.

Tips di atas dapat dilakukan jika Anda memang sudah memprediksi jika akan berbuka puasa di jalan, atau akan menghadapi macet. Selain itu, Anda juga dapat menunda waktu pulang setelah azan magrib. Setelah membatalkan puasa, ibadah Magrib, dan sedikit makan, barulah pulang.

Dengan pulang setelah berbuka, maka berkendara bisa menjadi lebih fokus dan tidak tergesa-gesa. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: