Perpusda Sepi Oleh Pengunjung Selama Bulan Ramadhan

radarbekasiid/indolinear.com
Sabtu, 26 Mei 2018

Indolinear.com, Cikarang – Selama Bulan Ramadan, Keberadaan perpustakaan umum daerah Kabupaten Bekasi di Desa Karangasih, Kecamatan Cikarang Utara, sepi dari pengunjung. Padahal, fasilitas dan penunjang lainnya sudah di sediakan pengelola perpustakaan.

Sandi, salah seorang pengelola perpustakaan umum daerah Kabupaten Bekasi mengatakan, saat ini keberadan perpustakaan umum tersebut jauh dari peminat. Berjalannya waktu, minat baca warga semakin berkurang, termasuk pada bulam Ramadan.

“Bulan Ramadan ini ada saja satu atau dua orang, tetapi tidak sebanyak hari-hari biasa. Tapi kan kasihan juga perpuatakaannya, hari biasa saja sepi, apalagi bulan puasa, makin-makin deh sepi ya,” jelas Sandi, kepada Radar Bekasi.

Dikatakan Sandi, penunjang ataupun fasilitas lainnya di perpustakaan umum ini sudah disediakan sejak beberapa waktu lalu, seperti Wi-Fi. Namun minat baca warga juga masih minim.

“Sudah ada Wi-Fi disini, tapi tetap saja masih sepi pembaca. Makanya kita sering mengadakan perpustakaan keliling, karena kita mau dengan cara itu minat baca warga jadi bertambah. Dengan di datanginya mereka, kan mereka senang,” tambah Sandi.

Sandi pun berharap agar berbagai pihak bisa membantu memberikan dorongan untuk masyarakat agar memiliki minat baca yang ekstra. Seperti mengajak ataupun mengadakan acara yang berkaitan pendidikan di perpustakaan.

“Kalau memang ada warga yang mau mengadakan acara disini, yasudah silahkan. Kita malah senang. Jadi kita (perpustakaan) bisa ramai lagi. Siapa tau rekan-rekan ada yang mau bikin pelatihan, atau acara apa saja di perpustakaan, silahkan, kita senang malah,” ujar Sandi.

Sementara itu, pengunjung perpustakaan, Irma Julis (24) mengatakan senang mengunjungi perpustakaan daerah ini. Menurut mahasiswa smester akhir itu, buku-buku dan fasilitas penunjang perpustakaan sangat lengkap.

“Disini untuk buku-buku mahasiswa nya juga lengkap, ada semua. Mumpung moment nya bulan Ramdhan kaya gini, makanya saya kesini. Sekaligus itung-itug ngabuburit, tunggu waktu buka puasa,” ucap Irma. (Gie)

%d blogger menyukai ini: