Pernah Di-bully Saat SD, Begini Cara Arawinda Kirana Menumbuhkan Kepercayaan Diri

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 27 April 2022

Indolinear.com, Jakarta – Arawinda Kirana, aktris muda yang terkenal melalui perannya dalam film Yuni besutan sutrada Kamila Andini, membagikan kisahnya saat dahulu yang pernah di-bully.

Jauh sebelum memasuki dunia entertainment, peraih Piala Citra Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2021 ini hampir tak punya teman karena penampilannya yang dianggap tak memenuhi ‘standar’ kecantikan pada umumnya.

” Iklim di Indonesia benar-benar menolak perempuan yang berpenampilan seperti saya, yang tidak putih, tidak berambut panjang dan lurus,” cerita Arawinda, dilansir dari Dream.co.id (25/04/2022).

” Waktu itu rambut saya hampir kribo, benar-benar keriting dan mengembang. Saya hampir enggak punya teman waktu itu,” lanjut Arawinda.

Arawinda mengaku ia mulai dibully saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Pengalaman pahitnya itu jelas masih teringat dalam ingatannya. Namun gadis kelahiran 27 September 2001 ini menjadikan hal itu sebagai titik balik, bagaimana ia bisa bertumbuh sukses hingga sekarang.

Fighting Spirit

Di saat SMP, perundungan pun masih ia rasakan. Salah satu yang menjadi kenangan, ketika seorang laki-laki dari sekolahnya ditanya oleh rekannya, apakah mau berpacaran dengan Arawinda? Jawaban pun terlontar dengan kalimat yang membuat Arawinda hilang kepercayaan diri, ‘gamau ah jelek item’.

” Di saat itu my self confidence jadi turun, tapi di saat bersamaan aku mempunyai fighting spirit yang sangat besar,” kata Arawinda.

” Jadi, yang lebih besar itu rasa ingin membuktikan dia salah. Membuktikan pada dia dan juga membuktikan pada diriku sendiri,” lanjut Arawinda.

Terbuka dengan Dunia Luar

Saat memasuki SMA, ia mulai percaya diri dengan teman-teman yang lebih terbuka dengan berbagai jenis orang.

” Saya masuk SMA, saya mulai berorganisasi, saya mulai belajar bagaimana cara menyuarakan opini diri sendiri,” ujar Arawinda.

Selain itu, aktris yang mengawali kariernya tahun 2019 ini, juga mulai belajar untuk memikirkan masa depannya dan ketika itu ia menemukan cinta terhadap dunia aktivisme.

” Saya bertemu sekali banyak orang yang membuat saya nyadar, ternyata, dunia nggak sesempit itu,” lanjut Arawinda.

” Jadi orang nggak cuma suka ini doang, tapi orang suka ini itu,” katanya.

Shining in Your Own Way

Wanita yang juga dikenal dengan bakat menari dan menyanyinya ini mulai menyuarakan opininya tersebut di media sosial seperti TikTok dan Instagram. Tentang penampilan rambutnya yang keriting, serta kulit sawo matangnya, dan ternyata orang-orang menyukainya.

” Ternyata yang sekarang orang suka adalah originality,” ucap Arawinda.

Arawinda menyampaikan bagaimana ia dapat membangun kepercayaan dirinya dengan kesimpulannya yang selalu ia bilang ke orang-orang, ‘kecantikan itu ada dalam perbedaan’.

” Jadi menurut saya cantik itu kalau lo benar-benar shining in your own way,” ucap Arawinda penuh keyakinan.

Shining in your own way versi Arawinda seperti kecintaannya terhadap budaya, sebagai aktivis, memakai kain Indonesia, serta penampilan rambutnya yang ia bentuk keriting.

” Kalau aku misal membawakannya dengan percaya diri itu akan cantik. Menurut aku just own your identity,” tutup Arawinda. (Uli)