Permudah Pembayaran PBB, Bapenda Kabupaten Tangerang Berlakukan Pelayanan Mobil Keliling

FOTO: Eksklusif Bapenda Kabupaten Tangerang for indolinear.com
Kamis, 20 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Kabupaten Tangerang – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang terus mempermudah wajib pajak yang akan membayar pajak bumi dan bangunan (PBB), di antaranya melalui pelayanan mobil PBB keliling ke desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Tangerang. Hal ini salah satu upaya dalam menggenjot pendapatan asli daerah di sektor PBB.

“Kita melakukan pelayanan mobil PBB keliling ke desa-desa untuk menjemput bola, agar masyarakat lebih mudah dalam melakukan pembayaran PBB di setiap pelosok desa sekaligus menyosialisasikan bagaimana manfaat membayar pajak,” kata Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja, Rabu (19/8/2020).

Soma menjelaskan, Bapenda Kabupaten Tangerang telah memberlakukan pelayanan mobil PBB keliling sejak April 2018. Untuk tahun 2020 di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda berbagai negara termasuk Indonesia, kemudahan-kemudahan membayar pajak terus diberikan kepada masyarakat.

“Agar kita bersama-sama membangun daerah di tengah pandemi Covid-19. Potensi pajak daerah melalui pajak bumi dan bangunan terus kita optimalkan, selain pajak-pajak yang lainnya, untuk mendongkrak pembangunan dan menggerakkan perekonomian di Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Pada Agustus 2020 ini, lanjut Soma, Bapenda Kabupaten Tangerang memberikan insentif pajak, mulai dari penghapusan denda administrasi PBB P-2 100 persen terhadap seluruh masa pajak, keringanan 100 persen ketetapan pajak terutang PBB P-2 khusus buku golongan 1, pengurangan ketetapan pajak terutang PBB P-2 maksimal 30 persen (berbasis pengajuan), hingga diskon 10 persen ketetapan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Hal senada dikatakan Dwi Chandra Budiman, Kepala Bidang PBB dan BPHTB Bapenda Kabupaten Tangerang. Pada pelayanan PBB keliling, kata dia, Bapenda Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Bank Jabar Banten (BJB). Pelayanan ini sekaligus mengedukasi  masyarakat terhadap ketaatan dalam membayar PBB. Dalam kurun waktu tiga bulan ke depan, mobil operasional pelayanan PBB keliling akan terus ke desa dan kelurahan di 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Selain menjemput bola, kita sudah memiliki inovasi pembayaran PBB, bisa melalui kantor-kantor Cabang Bank BJB di seluruh Indonesia, Gerai Alfamart dan Indomaret, ATM, dan Kantor Pos di seluruh Indonesia, di e-commerce Bukalapak dan Tokopedia pun bisa,” jelas Dwi.

Pelayanan PBB keliling dilakukan hanya  hari Selasa, Rabu, dan Kamis tiap satu minggu. Sebab, untuk hari Sabtu dan Minggu pihak Bank BJB fokus membantu distribusi bantuan sosial Covid-19 kepada keluarga penerima manfaat yang terkena dampak Covid-19.

“ Pelayanan PBB  keliling dilakukan tiga hari dalam satu minggu, Selasa, Rabu dan Kamis, telah terjadwal sesuai jam kerja. Untuk Sabtu dan Minggu Bank BJB memberikan pelayanan bansos Covid-19,” ujar Dwi.

Kemudahan pelayanan oleh Bapenda Kabupaten Tangerang terus dirasakan warga Desa Mekarjaya, Kecamatan Panongan. Di mana, membayar pajak langsung ke mobil operasional PBB di kantor desa setempat. Salah satu wajib pajak mengucapkan terima kasih atas pembebasan pajak buku 1 PBB yang diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Menurut dia, kemudahan-kemudahan di tengah pandemi  Covid-19 meringankan masyarakat.

“Terima kasih kepada Pak Zaki, Bupati Tangerang, yang telah memberlakukan pembebasan pajak PBB untuk buku 1 yang meringankan beban masyarakat di tengah corona,” ujar warga Desa Mekarjaya yang tidak mau disebutkan namanya.(ADV)

Perumdam TKR Kabupaten Tangerang sedang menambah cakupan pelayanan. Daerah mana itu? Simak ulasan berikut ini.

Ingin merasakan sensasi gula aren segar tanpa campuran bahan lain? Serta kaya manfaat yang terkadung di dalamnya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: