Permintaan Wearable Device Meningkat Pada Tahun 2020

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 26 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – IDC melaporkan bahwa permintaan wearable device sepanjang tahun 2020 untuk pasar global meningkat. Dikutip dari Merdeka.com (25/03/2021), pengapalan global untuk wearable device di kuartal keempat tumbuh 27 persen mencapai 153,5 juta unit.

Sementara dalam setahun, pengapalan mencapai peningkatan 28 persen atau sekitar 444,7 juta unit dibandingkan periode sebelumnya. Peningkatan ini disebut terjadi karena kebutuhan konsumen untuk tetap sehat selama pandemi.

“Program fitnes dalam rumah dengan cepat menjadi komponen penting yang ditawarkan wearable devices dari banyak perusahaan,” tutur Research Manager IDC Mobile Device Tracker, Jitesh Ubrani.

Apple masih menjadi pemimpin untuk pasar wearable device, sebab perusahaan dilaporkan berhasil mengapalkan 55,6 juta unit selama kuartal keempat. Dengan kata lain, Apple menguasai 36,2 persen pangsa pasar wearable devices, sama seperti tahun lalu.

Pengiriman pada kuartal empat Apple juga diketahui naik 27 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Apple Watch diketahui menjadi lini yang mengalami peningkatan signifikan, hingga 45 persen.

Xiaomi Posisi Kedua

Sementara di posisi kedua, ada Xiaomi dengan pengapalan mencapai 13,5 juta unit atau sekitar 9 persen dari pangsa pasar. Lini audio mengalami peningkatan hingga 55 persen, tapi ada penurunan di lini Mi Band karena masalah di rantai pasokan.

Berada di belakangnya, ada Samsung yang mencatat pengapalan hingga 13 juta unit dan membuatnya memiliki 8,5 pangsa pasar. Pertumbuhan signifikan ada di lini audio dengan catatan 8,8 juta unit, sedangkan lini jam tangan pintar mengalami penurunan.

Selain ketiga perusahaan tersebut, di posisi keempat dan Huawei dan BoAt di posisi kelima. Huawei dilaporkan telah mengapalkan 10,2 juta unit, sedangkan BoAt mengapalkan sekitar 5,4 juta unit. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: