Perkuat Kerja Sama, GKSB DPR Akan Mengunjungi Azerbaijan

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Minggu, 19 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Parlemen Azerbaijan Muhammad Iqbal menerima kunjungan Diplomat Kedutaan Azerbaijan Intigam Huseynov, di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta. Guna memperkuat kerja sama kedua negara, Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI akan melakukan kunjungan Azerbaijan pada 2022 mendatang.

“Kita berencana akan melakukan kunjungan ke Azerbaijan tahun depan. Tetapi tentu kita melihat situasi dan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia maupun di Azerbaijan. Jika keadaannya semakin membaik di Azerbaijan, kemungkinan kita akan merencanakan untuk melakukan kunjungan ke Azerbaijan,“ ungkap Iqbal, dilansir dari Dpr.go.id (18/12/2021).

Iqbal menjelaskan, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka membuka hubungan kerjasama dengan Azerbaijan di bidang kebudayaan, industri dan sebagainya. “Dan kita akan coba ke sana. Kita akan mencoba bagaimana produk-produk industri kita bisa kita ekspor ke Azerbaijan. Itu yang kita harapkan,” kata politisi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) itu.

Diketahui, hubungan Indonesia dengan Azerbaijan sudah berlangsung cukup lama, sejak tahun 1992. Dalam data Kementerian Luar Negeri, sejauh ini RI-Azerbaijan telah memiliki lima dokumen kerja sama, yakni kerja sama dan konsultasi antar Kementerian Luar Negeri, Kerja sama antara kantor berita, pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas, serta Kerja Sama Ekonomi dan Teknik (KSET).

Iqbal berharap, upaya kunjungan ke Azerbaijan pada tahun 2022 mendatang dapat meningkatkan hubungan kerjasama antara Indonesia dan Azerbaijan menjadi lebih baik ke depannya. “Banyak kerja sama-kerja sama yang sudah kita lakukan dengan negara tersebut. Baik itu di bidang industri maupun pertambangan dan sebagainya. Kita harapkan hubungan kerja sama ini bisa kita tingkatkan lagi,” tutupnya. (Uli)