Perjuangan Kakek Husain Tambal Jalanan Menjadi Viral Di Medsos

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Kamis, 16 Mei 2019

Indolinear.com, Gorontalo – Husain Wadipulu menjadi viral di media sosial. Kakek 69 tahun yang kerap disapa Opa Sadam itu terkenal karena aksinya menambal jalanan rusak di Desa Lopoto’o, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Opa Sadam menambal jalan rusak seorang diri. Bebekal pasir, batu kerikil, semen, dan sejumlah alat pertukangan, Opa Sadam bekerja menambal jalan sejak pagi hingga sore hari.

” Awalnya saya pakai uang sendiri untuk memperbaiki jalan yang rusak,” kata Opa Sadam, dikutip dari Dream.co.id (14/05/2019).

Kegiatan menambal itu jalan itu sudah dilakukannya sejak setahun terakhir. Tidak hanya di Desa Lopoto’o, Opa Sadam juga menambal jalan di beberapa desa lain.

Menurut Opa Sadam, usahanya menambal jalan rusak mendapat perhatian dari sejumlah pengendara yang melintas. Mereka tergerak hatinya dan memberikan sejumlah uang.

” Bahkan, ada polisi yang memberikan palang jalan. Biar ada pengamanan saat saya kerja,” ujar dia.

Alasan Tambal Jalan Rusak

Opa Sadam menyebut niat menambal jalan rusak berawal dari rasa iba karena pengendara motor yang sering mengalami kecelakaan saat melintasi jalan yang rusak.

Dari kejadian itu, Opa Sadam membulatkan tekad untuk mulai menambal jalan rusak. Dia berharap tindakannya itu bermanfaat bagi orang lain.

” Saya kasihan lihat ada orang kecelakaan, mahasiswa yang kecelakaan, kendaraan yang jatuh di lubang kecelakaan. Jadi, saya mulai tambal jalan yang rusak itu,” ucap dia. (Uli)