Perjalanan Karier Marc Klok, Gelandang Naturalisasi Yang Resmi Meninggalkan Persija

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 25 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kebersamaan antara Marc Klok dan Persija Jakarta resmi berakhir. Macan Kemayoran mengumumkan bahwa mereka melepas gelandang naturalisasi berusia 28 tahun tersebut.

Persija mengumumkan kepergian Marc Klok pada Rabu (23/6/2021) malam WIB.

“Persija dan Klok resmi bersepakat untuk mengakhiri kontrak kerja sama profesional. Oleh karena itu, Klok tidak lagi menjadi bagian dari tim Persija per hari ini,” kata Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca.

Sementara itu, melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya, Klok menyampaikan bahwa ia sangat berat untuk meninggalkan klub asal Ibu Kota tersebut.

“Satu setengah tahun ini adalah salah satu momen yang sulit dilupakan dalam hidup saya. Kita berkeringat, berjuang, dan meraih kemenangan bersama di turnamen terakhir,” tulis Klok.

“Namun, harinya telah tiba. Hari yang sangat berat bagi saya. Kita harus berpisah dan saya sekarang harus memulai tahap baru dalam karier profesional saya,” imbuh pemain yang membantu Persija menjuarai Piala Menpora 2021 tersebut.

“Saya dan pihak manajemen klub sepakat untuk berpisah. Saya yakin bahwa upaya yang diambil dan diputuskan adalah untuk kebaikan, baik bagi Persija Jakarta sebagai sebuah klub maupun saya sebagai seorang pesepak bola,” tandasnya.

Perjalanan karier Marc Klok

Lahir di Amsterdam pada 20 April 1993, Marc Klok menimba ilmu di akademi sepak bola top miliki salah satu klub Liga Belanda, FC Utrecht.

Mengutip dari Kompas.com (24/06/2021), Klok membela tim Jong FC Utrecht selama dua tahun yakni dari 2011 hingga 2013.

Pada Juni 2013, Klok pindah ke Skotlandia untuk memperkuat Ross County yang saat itu berkompetisi di Liga Premier Skotlandia. Sayangnya, ia hanya membukukan enam penampilan di sana. Klok pun dilepas pada Agustus 2014.

Selepas dari Skotlandia, Klok mendapatkan kontrak dari klub Liga Bulgaria, Cherno More Varna

Klok bertahan selama satu setengah musim di Cherno More dengan kesempatan bermain cukup banyak. Total ia mencatatkan 48 penampilan di semua kompetisi dengan kontribusi satu gol.

Memasuki musim 2016-2017, Marc Klok melanjutkan petualangan ke Inggris dengan memperkuat Oldham Athletic yang bermain di League One atau kompetisi strata ketiga Liga Inggris.

Namun, karier Klok di Inggris tak berjalan mulus dan ia pun dilepas ke Dundee pada Januari 2017. Setelah membela sejumlah klub di Eropa, Marc Klok datang ke Indonesia pada April 2017 untuk bergabung dengan PSM Makassar.

Klok menjadi pilar lini tengah PSM Makassar selama tiga musim. Prestasi terbaik pemain yang resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 12 November 2020 itu adalah membawa Juku Eja memenangi Piala Indonesia 2019.

Usai tiga musim membela PSM Makassar, Marc Klok kemudian pindah ke Persija Jakarta pada Januari 2020. Ia dikabarkan mendapatkan kontrak jangka panjang yaitu selama empat tahun di Macan Kemayoran.

Ia sempat tampil bersama Persija pada dua pertandingan Liga 1 2020, sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Pada Piala Menpora 2021, Klok menjadi salah satu andalan Macan Kemayoran di mana ia tampil pada delapan pertandingan dengan kontribusi satu gol dan dua assists.

Namun, kebersamaan Marc Klok dan Persija Jakarta hanya berlangsung selama satu setengah tahun. Klok telah resmi berpisah dengan Persija yang merupakan klub keduanya di Indonesia.

Biodata Marc Klok

Nama lengkap: Marc Anthony Klok

Tempat, tanggal lahir: Amsterdam, 20 April 1993

Usia: 28 tahun

Kewarganegaraan: Indonesia

Tinggi badan: 177 cm

Posisi: Gelandang tengah

Kaki dominan: Kanan

Karier klub:

2011-2013 – Jong FC Utrecht

2013-2014 – Ross County

2014-2016 – Cherno More Varna

2016 – Oldham Athletic

2017 – Dundee

2017-2019 – PSM Makassar

2020-2021 – Persija Jakarta (Uli)