loading...

Perjalanan Hidup Eks Bos F1, Anak Nelayan yang Doyan Balapan

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 4 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Bernard Charles Ecclestone atau yang kerap dikenal Bernie Ecclestone, merupakan sosok sangat berharga dalam sejarah balap mobil Formula 1 ( F1).

Nama Bernie Ecclestone kembali mencuat dengan kabar baik yang menghampirinya. Bos F1 tahun 1987 hingga 2017 itu bakal memiliki anak keempat ketika usianya sudah menginjak 89 tahun. Fabiana Flosi, istri ketiga Ecclestone, tengah mengandung anak keempat buah perkawinannya dengan sang miliarder.

Buah hati hasil pernikahan dengan Fabiana Flosi ini akan menjadi satu-satunya anak Bernie Ecclestone yang berjenis kelamin laki-laki. Nama Bernie Ecclestone pernah masuk majalah Forbes sebagai pengusaha terkaya keempat di Inggris pada 2011.

Jauh sebelum menjadi salah satu orang terkaya di dunia, Ecclestone adalah seorang anak nelayan. Dia pun harus bekerja keras sejak belia. Waktu kecil, Bernie Ecclestone bekerja di dua tempat.

Hasil jerih payahnya itu digunakan untuk membeli roti dan dijual kembali kepada temannya di sekolah. Ecclestone kecil mendapatkan untung dua kali lipat.

Seiring perjalanan waktu, Ecclestone mampu mengenyam pendidikan tinggi Politeknik Woolwich di London Tenggara. Dia berhasil meraih gelar sarjana ilmu kimia, dilansir dari Kompas.com (02/07/2020).

Terlepas dari gelar tersebut, Ecclestone juga ternyata menggeluti bisnis kendaraan.

Di Ibu Kota Inggris, dia merupakan sosok lelaki yang terkenal sebagai penjual motor dan mobil bekas.

Ecclestone muda juga suka dengan dunia balap.

Awal karier Bernie Ecclestone sebagai pebalap memang tak mentereng. Dia tidak lolos kualifikasi di Monaco dan Silverstone.

Serangkaian kecelakaan yang dialami membuat Ecclestone lebih cepat mengakhiri karier sebagai pebalap.

Namun, cintanya pada balapan membuat Bernie Ecclestone tetap bertahan di dunia balap.

Ecclestone beralih ke bisnis balapan dan menjadi manajer tim. Anak didik pertamanya merupakan pebalap berbakat asal Inggris, Stuart Lewis-Evans.

Akan tetapi, Stuart Lewis-Evans tewas dalam kecelakaan pada 1958.

Satu dekade kemudian, Ecclestone kembali menjadi manajer dari pebalap Austria, Jochen Ridnt, yang juga meninggal dalam kecelakaan pada 1970.

Ridnt adalah satu-satunya pebalap dunia dalam sejarah yang memastikan gelar juara dunia F1 setelah dia meninggal.

Puncak kejayaan Ecclestone adalah ketika dia berhasil menegosiasi hak siar televisi Formula 1.

Dari hak siar tersebut, pundi-pundi uangnya terus mengalir. Efeknya, Ecclestone pun menjadi kaya.

Menggeluti dunia balap dengan kehidupan glamor, Ecclestone tentu dikelilingi oleh banyak perempuan.

Pria yang dijuluki “Napoleon” itu juga terkenal dengan sifatnya yang flamboyan. Tak heran, dia sudah tiga kali menikah di sepanjang hidupnya.

Bernie Ecclestone menikahi istri pertamanya, Ivy Bamford, pada 1952. Pasangan ini dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama Deborah Ecclestone (65).

Sayang, bahtera rumah tangga Bernie Ecclestone dan Ivy Bamford hancur.

Pasangan ini berpisah ketika istri kedua Ecclestone, Slavica Ecclestone, mengandung anak pertamanya.

Ecclestone dan Slavica menikah pada 1984. Slavica merupakan seorang model dan 28 tahun lebih muda dari mantan bos F1 tersebut.

Dari pernikahan dengan Slavica, Ecclestone dikaruniai dua orang anak perempuan, Tamara (35) dan Petra (31).

Pasangan tersebut kemudian bercerai pada 2009 setelah mengarungi bahtera rumah tangga selama 23 tahun.

Tiga tahun setelah perceraian itu, Ecclestone kembali menikahi seorang perempuan yang lebih muda 45 tahun darinya. Perempuan yang menjadi istri ketiga Ecclestone adalah Fabiana Flosi.

Mereka menikah pada 2012. Setelah 8 tahun menikah, sang istri mengandung anak laki-laki yang telah lama dinantikan Bernie Ecclestone.

“Ya, bayinya akan lahir pada musim panas nanti. Semoga saja dia segera bisa belajar bermain backgammon,” tutur Ecclestone.

“Akhirnya, seorang anak laki-laki!” kata pria yang akan genap berusia 90 tahun pada Oktober nanti.

Ditambah bayi yang sedang dikandung Fabiana Flosi, Bernie Ecclestone telah memiliki empat orang anak. Mantan bos F1 itu juga telah memiliki lima orang cucu dari anak-anak hasil pernikahan sebelumnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: