Peringati Harkopda, Dinkop dan UKM Tangsel Gelar Pameran dan Karnaval

Eksklusif dinkop & UKM Tangsel for indolinear.com
Kamis, 11 Oktober 2018

Indolinear.com, Tangsel – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop dan UKM) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Hari Koperasi Daerah (Harkopda) ke 71 di Lapangan Ex Tomang Toll, Pamulang, Tangsel pada Kamis, 11 Oktober 2018 hingga 14 Oktober 2018.

Rangkaian kegiatan meliputi pameran Koperasi dan UKM sebanyak 150 stand sarnafil dan 42 stand roder, seminar koperasi dan wirausaha, talkshow oleh motivator nasional, festival kuliner unggulan, kreasi komunitas Tangsel, senam bersama maumere, hiburan artis dan karnaval.

“Karnaval akan diikuti oleh seluruh koperasi dan UKM Tangsel sebanyak 2000 peserta,  menggunakan pakaian budaya se nusantara dan menggunakan hasil produk UKM itu sendiri pada 14 Oktober 2018, start dari lokasi hingga ke bunderan Pamulang kemudian balik ke lokasi awal,” ungkap Plt Kepala Dinkop dan UKM Tangsel Dahlia Nadeak.

Menurutnya kegiatan Harkopda ini merupakan rangkaian kegiatan harkopnas dan rangkaian menyambut hari jadi Kota Tangsel yang ke 10. Dengan tema “Penguatan Koperasi Mendorong Ekonomi Daerah”.

“Langkah-langkah yang  kami lakukan untuk membuat kuat sehat dan berkaukitas adalah melalui peningkatan bimtek koperasi dan mendorong mereka melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT),” jelasnya.

Dengan melakukan RAT, mereka akan menunjukan transparansi dan akuntabilitas daripada kesehatan dan kualitas koperasi itu. Sehingga kepercayaan pada anggota dan masyarakat semakin meningkat. Untuk mendorong dan menggerakan seluruh masyarakat kota Tangsel dengan target 400 ribu menjadi anggota koperasi.

“Kami mewujudkan Tangsel menjadi kota koperasi, dimana koperasi jadi suatu wadah atau solusi bagi masyarat. Sehingga program kami satu koperasi seribu ukm (serbuk) dapat terealisasikan,” jelasnya.

Ketua Dekopinda Tangsel Dudung E Diredja mengatakan dengan adanya rentetan Harkopda diharapkan dapat menjawab tantangan tema harkopda 71. Perkuatan koperasi mendorong pertumbuhan daerah.

Baca Juga :  Dinas Kesehatan Tangsel Rangkul SBH Untuk Membantu Program Kesehatan di Lapangan

“Dengan rentetan kegiatan yang ada didepan ini kita mengharapkan perkonomian daerah ini dalam empat hari bisa tumbuh dan bergerak terutama ekonomi kerakyatannya,” ungkapnya.

Tema ini selaras denga apa yang disampaikan presiden pada saat pembukaan harkopnas di Ice BSD beberapa waktu lalu. Bahwa potensi ekonomi kerakyatan merupakan satu potensi yang luar biasa. Wujudnya melalui koperasi. Ini mengandung pemahaman bahwa koperasi memiliki potensi sangat besar untuk menggalang tidak hanya pendanaan.

Dilokasi yang sama, Sekretaris Daerah Kota Tangsel Muhamad mengatakan bahwa koperasi merupakan perekonomian rakyat yang perlu ditingkatkan, apalagi Kota Tangsel masuk dalam daerah kota perdagangan dan jasa, sehingga UKM sangat potensial.

“Beberapa penguatan dilakukan koperasi untuk mengingkatkan perkembangan koperasi di Indonesia, Koperasi dan UKM harus berkembang dan maju. Harus berkualitas, kemasan yang bagus dan harga yang kompetitif sehingga bisa laku di pasaran,” jelasnya.

Menurutnya para UKM juga bisa melakukan penjualan melalui teknologi media sosial. Sebab, jualan online bisa memudahkan masyarakat untuk membelinya. Kemudahan itu bisa dilakukan untuk menambah penghasilan koperasi dan UKM. (Adv)

%d blogger menyukai ini: