Perhiasan Mainan Nenek 70 Tahun Ini Ternyata Berlian Rp39 Miliar

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 1 Januari 2022
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seorang nenek 70 tahun ketiban rezeki nomplok setelah menemukan perhiasan yang dikira mainan. Saat membersihkan rumahnya di Northumberland, wanita itu mendatangi seorang juru lelang untuk menaksir barang-barang lama yang akan dijual termasuk perhiasan mainan tersebut.

Juru Lelang Mark Lane ternyata memberikan jawaban yang justru menjadi kejutan untuk wanita tersebut.

Perhiasan yang selama bertahun-tahun dikira sebagai mainan ternyata sebuah permata berlian 34 karat.

Permata dengan ukuran sedikit lebih besar dari uang koin itu ditaksir bernilai 2 juta pound sterling atau sekitar Rp39 miliar.

” Wanita itu datang dengan sekantong perhiasan karena dia hanya berpikir akan melintas ke tempat juru lelang karena sudah memiliki janji lain di kota,” ujar Lane, dari Featonby’s Auctioneers di North Shields, North Tyneside, dilansir dari Dream.co.id (30/12/2021).

Awalnya Mau Dibuang ke Tempat Sampah

Menurut Lane, permata itu tersimpan di dalam kotak bersama dengan cincin kawin dan sejumlah barang perhiasan berharga murah lainnya.

Saat menerima kota tersebut, mata Lane segera tertuju pada sebuah batu dengan ukuran cukup besar. Awalnya dia mengira batu itu semacam ciboc zirconia, berlian sintetis.

Selama 2-3 hari, Lane menyimpan perhiasan mainan yang ternyata permata itu di atas mesin penguji berlian.

” Kami kemudian mengirimkannya ke mitra kami di London sebelum disertifikasi oleh para ahli di Antwerpen, Belgia, yang mengonfirmasi bahwa itu adalah 34 karat.”

Lane mengungkapkan pemilik permata itu sudah lupa kapan dan dimana membeli batu berharga tersebut. Dia hanya mengaku sering mendatangi boot mobil dan membeli pernak-pernik tanpa pernah sekalipun mengira telah menemukan berlian asli.

Tak hanya itu, wanita pemilik permata itu sempat berpikir untuk membuang seluruh barang bekasnya, termasuk permata, ke dalam tempat sampah. Namun hal itu diurungkan saat tetangganya mengusulkan agar menjual barang-barang lamanya ke sebuah tempat lelang.

Diakui Lane, berlian yang akan dilelang tersebut merupakan barang termahal yang pernah dijualnya selama menjalani bisnis lima tahun. Berlian saat ini disimpan dengan aman di Hatton Garden London sampai lelang pada 30 November mendatang. (Uli)