Perenang Azzahra Permatahani Menargetkan Raih Medali Di SEA Games 2019

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 30 November 2019

Indolinear.com, Jakarta – Azzahra Permatahani menjadi salah satu andalan Indonesia untuk meraih medlai pada ajang multievent SEA Games 2019 di Filipina. Cabor renang dijadwalkan akan berlangsung di New Clark City Aquatics Center, 4-9 Desember 2019.

Saat ditemui seusai pengukuhan kontingen Indonesia, perenang berusia 17 tahun tersebut mengaku akan turun di lima nomor pertandingan. Lima nomor tersebut yakni 200m gaya ganti, 200m gaya dada, 200m gaya kupu, 400m gaya ganti, dan 100m gaya dada.

Untuk raihan medali, Azzahra mengaku optimistis bisa meraih medali di beberapa nomor yang dia lakoni.

Dia menyebut peluang besar baginya untuk meraih medali yakni dari nomor 400m gaya ganti dan 200m gaya ganti. Meski demikian, Azzahra mengaku belum berani untuk menargetkan medali emas di dua nomor tersebut.

“Masih belum berani. Tapi kalau dilihat dari lawannya, mungkin bisa medali perak atau perunggu,” ucap Azzahra.

Dilansir dari Kompas.com (29/11/2019), Azzahra meraih medali emas saat bertanding di event bertajuk 50th SNAG atau Singapore National Age Group Swimming Championship 2019. Event SNAG tersebut juga menjadi salah satu uji coba Azzahra sebelum bertanding di SEA Games 2019 awal bulan depan.

Jelang pertandingan di SEA Games 2019, Azzahra mengaku sudah melakukan persiapan yang matang.

“Persiapan dari Jakarta Open kemarin. Sudah intensif, seminggu sembilan kali, sekali latihan itu dua jam. Ada pagi dan sore, sehari bisa empat jam,” kata Azzahra.

Dia menambahkan bahwa latihan fisik juga menjadi menu utamanya selain latihan teknik di kolam renang.

“Kalau untuk latihan fisik biasanya setelah latihan pagi. Latihannya di kolam renang atau gym biasanya,” kata Azzahra.

Anak asuh David Armandoni tersebut mengatakan bahwa ada perbedaan di sesi latihan saat menjelang pertandingan. Menurutnya, saat pertandingan sudah di depan mata, intensitas latihannya juga lebih berkurang dan tidak seberat saat persiapan awal.

“Kami kalau sudah mau tanding, dua pekan atau sepekan sebelum tanding itu latihannya sudah mulai diturunin intensitasnya,” ucap Azzahra.

Pada perhelatan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Azzahra Permatahani sukses meraih medali perak di nomor 400m gaya ganti. (Uli)

INDOLINEAR.TV