Perbedaan Istilah Forehand Dan Backhand Dalam Bulu Tangkis

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 25 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Forehand dan backhand merupakan dua jenis pukulan dalam bulu tangkis. Keduanya berbeda kendati masih sama-sama memegang raket.

Pemain menggunakan berbagai jenis pukulan berbeda tergantung tujuannya seperti menyerang untuk memperoleh poin atau mempertahankan wilayah permainan. Terkait teknik pukulan dalam bulu tangkis, kita sering mendengar adanya istilah forehand maupun backhand.

Apa sebenarnya perbedaan dari istilah forehand dan backhand dalam bulu tangkis? Berikut adalah penjelasan singkatnya. Perbedaan pukulan forehand dan backhand dalam permainan bulu tangkis terletak pada posisi tangan terhadap arah pukulan ketika memukul shuttlecock (kok).

Lebih jelasnya lagi, perbedaan forehand dan backhand bisa dilihat dalam cara memegang raket. Posisi ibu jari dalam forehand terletak di antara telunjuk dan tiga jari lainnya.

Sementara posisi ibu jari dalam cara memegang raket backhand, terletak mengikuti arah raket atau 90 derajat berbeda dengan arah telunjuk. (Bisa dilihat gambar dari artikel ini, Jonatan Christie memegang raket dengan cara backhand).

Teknik pukulan forehand dilakukan ketika kok datang ke arah/sebelah tangan yang memegang raket sehingga pemain memukul dengan bagian depan tangan menghadap arah pukulan, dilansir dari Kompas.com (24/03/2021).

Misalnya kok datang ke arah kanan dari pemain yang memegang raket dengan tangan kanan.  Sementara ketika melakukan teknik pukulan backhand seorang pemain memukul kok dengan posisi tangan membelakangi arah pukulan.

Contohnya ketika memukul kok dari sebelah kiri saat memegang raket dengan tangan kanan menggunakan teknik pukulan lob atau overhead clear.

Pengertian serupa juga bisa diterapkan untuk membedakan jenis pukulan mula (service) dalam bulu tangkis atau servis baik forehand maupun backhand.

Servis forehand sendiri memiliki dua macam pukulan yakni tinggi atau rendah, yang mengacu pada sasaran titik jatuhnya kok pada wilayah permainan lawan.

Untuk servis forehand rendah mengarah pada garis depan bidang permainan lawan dekat net, sedangkan servis forehand tinggi membuat bola melambung hingga menuju garis belakang wilayah lawan.

Di sisi lain, dalam melakukan servis backhand posisi telapak tangan membelakangi net, saat seorang pemain melepaskan pukulan.

Teknik pukulan servis ini membutuhkan penguasaan dalam mengendalikan kekuatan saat memukul kok dengan bertumpu pada gerakan pergelangan tangan. Kekuatan pukulan tersebut memengaruhi akurasi dari servis menuju sasaran dalam bidang permainan lawan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: