Penyebab Perut Penuh Gas Dan Sering Buang Angin Di Malam Hari

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 10 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Malam hari adalah waktu santai setelah seharian beraktivitas. Malam adalah waktu meregangkan otot-otot setelah beraktivitas.

Pada malam hari sebelum tidur pula, beberapa orang mengalami kentut berulang kali dan mengeluarkan bau busuk dari dalam perut.

Kondisi ini umum dialami oleh orang banyak. Kondisi ini menunjukkan bahwa perut mungkin sedang mengalami kembung akibat banyaknya gas di dalam perut.

Kandungan gas yang banyak di dalam perut membuat seseorang kesulitan tidur. Namun ternyata terdapat sejumlah penyebab umum kondisi sering kentut di malam hari.

Menurut laman Dream.co.id (08/07/2020), inilah penyebab perut penuh gas sehingga sering kentut di malam hari.

Penumpukan Gas Sepanjang Hari

Penumpukan gas sepanjang hari menyebabkan masalah sering kentut di malam hari. Penumpukan gas merupakan kondisi tubuh yang normal. Bakteri sehat yang berada di dalam tubuh bisa membantu kita mencerna makanan, memproduksi gas di sistem pencernaan sepanjang hari.

Gas yang menumpuk di perut ini akan diserap oleh bakteri sedangkan sisanya dikeluarkan melalui sendawa atau kentut.

Konsumsi Makanan Berat

Penyebab perut penuh gas sehingga sering kentut di malam hari adalah karena mengonsumsi makanan berat. Setelah mengonsumsi makanan berat, kondisi perut penuh gas ini sangat sering terjadi.

Di saat seseorang baru saja mengonsumsi makanan yang ringan di malam hari, penumpukan gas sepanjang hari bisa menyebabkan masalah ini.

Bakteri sehat di dalam usus kita membutuhkan setidaknya enam jam untuk mencerna makanan secara sempurna. Sehingga jika kamu mengonsumsi makanan berat di malam hari. Tentu saja akan memengaruhi masalah penumpukan gas di perut yang membuat kamu lebih sering kentut.

Dalam beberapa kasus tertentu, tubuh tidak mampu mencerna serat sepenuhnya sehingga menyebabkan masalah penumpukan gas di perut.

Cara Mengatasi Perut Penuh Gas

Cara mengatasi perut penuh gas yang menyebabkan kamu seing kentut di malam hari ini, pertama lakukan jalan kaki selama kurang lebih 20 menit sebelum tidur.

Kedua, konsumsi banyak air untuk membuat pencernaan bekerja lebih lancar. Ketiga, jagalah jarak antara waktu makan yang satu dengan waktu makan selanjutnya. Jagalaha waktu makan supaya tidak berselang terlalu lama. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: