Penyebab Hanya Satu Ketiak Yang Bau Lebih Tak Sedap Dibanding Yang Lain

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Jumat, 20 Mei 2022

Indolineara.com, Jakarta – Permasalahan bau badan merupakan suatu hal yang kerap dialami sehari-hari. Kondisi ini biasanya lebih rentan terjadi pada bagian tubuh yang tertutup seperti ketiak.

Banyaknya keringat yang keluar dan kondisi lembap dari ketiak merupakan penyebab munculnya bau tak sedap ini. Namun pernahkah kamu mengalami kondisi berupa hanya satu ketiak saja yang berbau tak sedap sedangkan yang satunya baik-baik saja?

Munculnya bau tak sedap pada satu ketiak saja ini mungkin terdengar aneh, namun sebenarnya cukup sering terjadi. Dilansir dari Merdeka.com (18/05/2022), Marisa Garshick, MD, asisten profesor klinis di bidang dermatologi dari Cornell-New York Presbyterian Medical Center menyebut bahwa kondisi ini sebenarnya cukup sering dialami, terutama dalam kondisi perkantoran.

Penyebab dari kondisi ini sebenarnya cukup mudah dideteksi dan diatasi. Berikut sejumlah permasalahan yang menjadi penyebab dari kondisi bau hanya di satu bagian ketiak saja.

  1. Lupa Menggunakan Deodoran atau Antiperspiran

Lupa menggunakan deodoran atau antiperspiran bisa saja terjadi dan merupakan penyebab utama dari bau ketiak di satu bagian saja ini. Baik deodoran atau antiperspiran bisa sama-sama mencegah munculnya bau tak sedap dari ketiak.

Cara Mengatasinya: Pastikan tidak lupa mengoleskannya pada kedua bagian ketiak.

  1. Salah Satu Ketiak Lebih Berbulu

Lebatnya bulu ketiak di salah satu bagian saja bisa menjadi penyebab bau tak sedap ini. Pada ketiak berbulu lebat, biasanya keringat masih menempel sehingga bakteri berkembang dan menyebabkan bau tak sedap.

Cara Mengatasinya: Pastikan mencukur kedua ketiak secara rata untuk mencegah munculnya bau tak sedap.

  1. Salah Satu Lengan Lebih Aktif Bergerak

Tubuh kita tidak 100 persen simetris antara kiri dan kanan. Hal ini menyebabkan ada kemungkinan bahwa satu bagian tubuh kita lebih berkeringat dibanding lainnya.

Pada saat salah satu bagian tubuh lebih aktif bergerak misal untuk memanggul barang atau menggerakkan mouse dalam waktu lama, besar kemungkinan bagian tersebut lebih berkeringat. Pada ketiak, kondisi ini menyebabkan munculnya bau yang lebih kuat dibanding bagian lain.

Cara Mengatasinya: Sebisa mungkin seimbangkan penggunaan tangan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Lebih Banyak Bakteri di Satu Bagian Ketiak

Sama seperti pada usus, lapisan kulit ketiak juga berisi kombinasi dari bakteri baik dan jahat. Namun, keseimbangan ini bisa terganggu ketika bakteri jahat berkembang lebih besar sehingga menyebabkan munculnya bau badan tak sedap.

Cara Mengatasinya: Gunakan sabun antibakteri yang bisa menghilangkan bau tak sedap yang muncul. Mandi secara teratur dengan sabun ini bisa membantgu menghilangkan bau tak sedap yang muncul.

  1. Terdapat Luka Infeksi

Ketiak kita memiliki folikel rambut yang bisa terekspos setelah bercukur. Folikel rambut ini berisiko terinfeksi dengan bakteri jahat yang tinggal di bawah lengan sehingga menyebabkan folikel rambut menjadi merah dan meradang. Kadang, kondisi ini bisa menyebabkan peradangan dan memunculkan nanah yang berbau tak sedap.

Cara Mengatasinya: Berhenti bercukur bisa menjadi cara untuk mencegah masalah ini lebih berat. Namun jika masalah ini tak kunjung sembuh, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. (Uli)

loading...