Penuhi Janji Ke Arnold Schwarzenegger, Mercedes-Benz Siap Menghadirkan G-Class Listrik

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 12 September 2021
loading...

Indolinear.com, Munich – Bertepatan dengan gelaran IAA Mobility 2021 alias Munich Motor Show, Mercedes-Benz membawa konsep EQG. Kendaraan ini, digadang-gadang akan hadir sebagai versi listrik dari SUV andalan pabrikan Jerman, G-Class.

Mundur sedikit ke belakang, model ini ternyata ada hubungannya dengan aktor Hollywood, Arnold Schwarzenegger. Pasalnya, pada Januari 2018, saat G-Class generasi kedua pertama kali diluncurkan di Detroit pada Januari, mega bintang film laga ini, hadir di atas panggung dan berbincang dengan Ketua Dewan Daimler AG saat ini, Dieter Zetsche.

Saat ini, bintang Terminator ini memunculkan janji yang agak mengejutkan dari Zetsche, bahwa elektrifikasi dari Mercedes-Benz juga akan mencakup G-Class. Kemudian, tiga setengah tahun kemudian, jenama Bavarian ini, memenuhi janjinya dengan membawa Concept EQG, yang merupakan proyeksi versi produksi dari G-Class listrik.

Melansir dari Liputan6.com (10/09/2021), dari segi desain, Concept EQG mengadopsi siluet dari G-Class biasa, tetapi dengan banyak sentuhan khas yang menandai ini adalah proyek EQ. Pertama, yang bisa dilihat adalah gril depan diganti dengan panel hitam dengan batasan yang menyala serta kotak bulat biru yang disebut pola squircle.

Di bawah gril, adalah lubang udara yang ramping, dan lebih jauh ke bawah apron yang memiliki lubang masuk yang menampilkan desain squircle mesh. Lampu depan tampak familiar, meskipun dengan hiasan tambahan agar sesuai dengan gril baru.

Pencahayaan adalah bagian besar dari desain Concept EQG, karena terdapat lingkaran iluminasi putih di rumah kaca eksterior, dan garis samping yang menyala membuat strip pelindung yang kokoh menonjol secara visual.

Di bagian belakang, penutup ban cadangan bundar yang biasa telah diganti dengan kotak penyimpanan yang dapat dikunci, yang ditata agar terlihat seperti kotak pengisi daya dinding, dan dilengkapi dengan aksen iluminasi agar sesuai dengan segala hal lain yang bersinar putih di bagian luar.

Motor Listrik

Sedangkan unit penggeraknya, terdiri dari empat motor listrik yang terletak dekat dengan roda dan dapat dikontrol secara masing-masing. Bukan itu saja, Mercy juga mengatakan seperti halnya penggerak 4×4 juga bakal tertanam di mobil ini.

Menjelang debut versi produksi, prototipe G-Class listrik murni ini akan melewati jalur uji sejauh 5,6 km di gunung Schöckl setinggi 1.445 meter di Graz, yang menampilkan gradien hingga 60 derajat. Hanya ketika para insinyur puas, EQG akan mendapatkan sertifikat.

“Di mana pun kondisi pasar memungkinkan, Mercedes-Benz akan siap sepenuhnya menggunakan listrik pada akhir dekade ini,” kata Markus Schäfer, Anggota Dewan Manajemen Daimler AG dan COO Mercedes-Benz Cars. (Uli)