Penjualan Terus Merosot, Kapan Nissan Menyegarkan Livina Di Indonesia?

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 15 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, merupakan dua model yang dibangun di atas platform yang sama. Namun, penjualan kedua mobil asal Jepang ini di Indonesia cukup berbeda jauh.

Bahkan, ketika Mitsubishi Xpander mendapatkan penyegaran pada 2021, Nissan Livina hingga saat ini belum mengikuti jejak sang kembaran.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Sales and Marketing PT Nissan Motor Distribusi Indonesia, Tan Kim Piauw menjelaskan, Livina sendiri masih menjadi salah satu backbone. Namun, terkait penyegaran atau model baru yang akan datang, memang belum terungkap dengan pasti.

“Penyegaran itu secara lokal masih kita lakukan, tapi tidak dalam jumlah besar ya. Dalam bentu aksesoris saja,” jelas Tan saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Tan, Nissan sendiri telah memastikan bakal membawa produk baru pada 2022 ini. Namun, untuk bocoran model anyar tersebut, Tan masih enggan membicarakannya lebih lanjut.

“Salah satu cara meningkatkan penjualan juga membawa model baru lagi ke Indonesia. Nanti, Anda bisa hadir, salah satunya diperkenalkan di pameran gaikindo (GIIAS). Nanti lihat saja, pasti ada,” tambah Tan, dilansir dari Liputan6.com (13/06/2022).

Penjualan Nissan Livina Dibanding Mitsubishi Xpander

Sementara itu, terkait penjualan Nissan, memang masih jauh berada di bawah sang kembaran, Mitsubishi Xpander. Pada 2019, saat keduanya hadir, berdasarkan data Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales (pabrik ke diler) Livina hanya 8.609 unit dan Xpander mencapai 59.789 unit.

Memasuki 2022, penjualan Livina mengalami peningkatan dengan total terkirim sebanyak 9.082 unit sedangkan Xpander 14.793 unit.

Sedangkan pada 2021, Mitsubishi Xpander terjual sebanyak 23.500 unit, dan lagi-lagi Nissan Livina hanya terjual di bawah 10 ribu unit,a tau tepatnya pada 6.783 unit. Kemudian, pada tahun yang sama, Mitsubishi Xpander mendapatkan penyegaran dengan berbagai ubahan dan fitur baru, termasuk CVT.

Sepanjang Januari hingga April 2022, penjualan Nissan Livina baru menyentuh angka 711 unit, dan Mitsubishi Xpander sudah terkirim sebanyak 11.754 unit. (Uli)

loading...