Pengenalan Dasar – Dasar E-Commerce Kepada Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Melati 6

FOTO: indolinear.com
Rabu, 10 November 2021
Bogor | Uploader puspita
loading...

Indolinear.com, Bogor – Sekelompok mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) tentang  Pengenalan Dasar-dasar E-Commerce Kepada Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Melati 6, Kec. Kemang, Kab. Bogor. Sabtu (6/11/2021). Kegiatan PmKM ini merupakan kewajiban Tri Dharma yang harus dilaksanakan oleh para mahasiwa. Sebagai insan akademis, para mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang berupaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) di tengah suasana pandemi Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Koordinator Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga i(PKK) Melati i6 yaitu Ibu Iti Sumiati yang bersedia memberikan sambutan di dalam Kegiatan PMKM ini. Lalu dari mahasiswa UNPAM dihadiri ian di Ketuai oleh Adelina Muslimah, Ayu Ismawati, Elindar Harjuni, dan Stefanus Kurnianto, serta didampingi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Ibu Neneng Hasanah, S.E., MAk yang telah membimbing kami sampai kegiatan berlangsung dan jumlah mahasiswa yang menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berjumlah 4 org.

Yang menjadi sorotan  Adelina Muslimah bersama teman – temannya yaitu Pentingnya mengetahui apa itu E-commerce dan cara menggunakan E-commerce , yang menyatakan bahwa “Salah satu cara iagar UMKM dapat bertahan adalah dengan memasarkan produk lewat media massa atau media online yang biasa disebut dengan E-Commercei (situs ijual ibeli ionline). Dengan adanya ECommerce, maka pemilik usaha dapat menentukan kebijakan serta keputusan ekonomi serta bahkan strategi dalam memasarkan usahanya. Dengan memanfaatkan e-commerce ibu-ibu PKK Melati 6 bisa lebih berkembang dalam menggunakan internet atau jaringan komputer, termasuk dalam berjualan dan membeli barang atau jasa,” ungkap Adelina.

Lanjut sama seperti Adelina, Elindar Harjuni juga menyampaikan harapannya supaya ibu-ibu PKK melati 6 juga bijak dalam menggunakan salah satu Platform E-Commerce, dengan tujuan supaya di era new normal ini ibu-ibu PKK Melati 6 tidak perlu bingung jika ingin berbelanja dan berjualan tanpa khawatir terpapar virus dan tetap produktif walau melakukannya dirumah.

“Terkait dengan materi yg disampaikan yaitu pengenalan Dasar dasar E-commerce, oleh karena itu disini saya bersama dengan rekan – rekan lebih berfokus kepada salah satu platform e-commerce yang sudah banyak digunakan & sudah familiar dikalangan masyarakat, yaitu Bukalapak,” ungkap Elindar.

“Keuntungan yang di dapat dari platform tersebut yaitu karena cara pendaftaran & buka toko di platform tersebut yang sangat mudah, platform ini tidak berat sama sekali atau tidak banyak menggunakan ruang di Handphone. Adapun Kegiatan produktif ini tidak hanya dilakukan diluar rumah saja tetapi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa batas waktu, sehingga ibu – ibu PKK Melati 6 bisa memperluas bisnisnya, keuntungan lain dari E-commerce yaitu untuk mempromosikan produk lebih mudah dan tanpa ribet,” lanjutnya.

Selain itu, dalam pemaparan materi tentang Pengenalan Dasar-dasar ECommerce, Ayu Ismawati juga melakukan proses cara pendaftaran aplikasi dan cara membuka Toko di salah satu Platform E-Commerce “Di zaman sekarang yang teknologi nya semakin maju ini, para ukm tidak hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia sangat dipermudah dengan adanya E-commerce ini. Mereka tidak perlu keluar banyak biaya untuk sewa toko, hanya modal kuota, hp dan produk mereka sudah bisa berjualan. Dan dengan adanya E-commerce ini kita bisa berjualan atau belanja kapanpun dan dimanapun tanpa harus keluar tenaga banyak.” ungkap Ayu.

Dalam giat PKM tersebut disambut baik oleh koordinator Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Melati 6 Ibu Iti Sumiati, beliau menyampaikan kebanggaan kepada mahasiswa yang mau membagikan ilmu dengan memberikan edukasi dan penggunaan E-commerce.

“Senang sekali Saya bisa melihat mahasiswa langsung turun kepada masyarakat, dengan kepedulian mereka kepada ibu-ibu PKK menjadi harapan baik untuk masa depan indonesia,” pungkasnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pelaku UMKM bisa lebih sadar mengenai pentingnya iara memasarkan produk usaha yang sedang di jalani adalah hal yang mudah dengan semakin berkembangnya aplikasi digital. Dengan Aplikasi E-commerce, pelaku UMKM bisa melakukan penjualan produk usaha mereka secara praktis dan gratis.(pit/stef)

loading...