Penemuan Batu Ajaib Di Jember, Bergerak Sendiri Saat Kena Cahaya

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 13 Agustus 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Warga Jember, Jawa Timur, heboh dengan batu yang diklaim ajaib. Batu itu disebut-sebut bisa bergerak sendiri bila terkena cahaya.

Batu itu ditemukan oleh pegawai dan guru SMP 1 Mayang, Jember, pada Kamis 17 Juni 2021. Kabar yang sulit masuk akal itu beredar luas di kalangan masyarakat.

Dalam video yang diunggah kanal YouTube PARA Prajurit Pengendara, terlihat batu berukuran ibu jari orang dewasa itu bisa bergerak ketika terpapar cahaya. Selain itu, gerakan batu itu semakin kuat saat terpapar langsung cahaya matahari.

“ Ini ditemukan batu ajaib, batu bisa bergerak sendiri di halaman SMP 1 Mayang tanggal 17 Juni 2021. Ini adalah fenomena alam yang luar biasa,” demikian narasi yang terdengar dalam video yang diunggah kanal YouTube Ferry Alfino, dilansir dari Dream.co.id (12/08/2021).

Batu Bergerak Terkena Cahaya

Dalam video sang perekam mengatakan batu ajaib bergerak ketika disinari cahaya. Benar saja, saat flash smartphone dinyalakan, batu tersebut bergerak mengikuti cahaya lampu.

Perekam juga mengatakan jika gerakan batu akan semakin kuat apabila terpapar langsung cahaya matahari.

“ Dia akan bergerak terus, semakin cepat dia bergetar dia gerak di bawah sinar matahari,” ujarnya.

Kemudian, saat disimpan di lantai ruangan, batu itu tetap bergerak lantaran terkena cahaya. Akan tetapi jika dibawa ke ruangan tanpa cahaya, akan berhenti bergerak dan diam layaknya kerikil biasa.

“ Kalau kita bawa ke dalam, dia diam. Nah, dia sudah tidak bergerak lagi, dia tidak mau di dalam ruangan. Fenomena alam apakah ini? Kita tidak pernah tahu,” ujar perekam video tersebut. (Uli)