Peneliti Mengungkapkan Celah Keamanan Android Disusupi Malware Lewat Bluetooth

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 20 Februari 2020

Indolinear.com, Jakarta – Peneliti Mengungkapkan Celah Keamanan Android Disusupi Malware Lewat Bluetooth

Indolinear.com, Jakarta – Peneliti keamanan di ERNW mengemukakan adanya celah keamanan Android memungkinkan peretas untuk mengirim malware lewat Bluetooth.

Dilansir dari Merdeka.com (19/02/2020), peneliti itu mengatakan celah keamanan bernama BlueFrag dapat mencuri data dari perangkat di sekitarnya hanya dengan menjalankan Android 8 atau 9.

Si peretas memang perlu mengetahui MAC address dari Bluetooth si target, tetapi itu bukan perkara sulit. Si peretas dapat menebaknya hanya dengan merujuk pada MAC address dari WiFi perangkat itu.

Untuk melindungi perangkatnya, pengguna disarankan untuk memperbarui dan memasang patch keamanan Februari 2020.

Namun masalahnya, kemungkinan besar tidak semua perangkat berbasis Android 8 masih mendapat pembaruan patch keamanan dari pabrikan. Sementara itu, Android 10 tidak terdampak oleh celah keamanan itu.

Celah Keamanan di WhatsApp

WhatsApp menemukan 12 celah keamanan pada tahun lalu. Menurut US National Vulnerabilties Database, hal ini memunculkan pertanyaan mengenai keamanan di aplikasi tersebut.

Apalagi, belum lama ini smartphone CEO Amazon Jeff Bezos jadi korban peretasan gara-gara menerima file video dari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada akhir 2018.

Akibat peretasan ini, tim Bezos pun melakukan investigasi menyeluruh. Saat itu skandal perselingkuhan Bezos dibongkar oleh media The National Enquirer. Media tersebut bahkan mengancam untuk mempublikasikan foto-foto tidak senonoh.

Namun, Financial Times menyebut sejumlah kerentanan keamanan ditemukan di aplikasi WhatsApp pada tahun lalu. Kerentanan keamanan ini tidak diketahui selama beberapa waktu dan ditengarai telah memfasilitasi peretasan tokoh-tokoh penting. (Uli)

INDOLINEAR.TV