Pemkot Tangsel Sosialisasikan Persiapan Pelaksanaan Perbaikan RUTLH

FOTO: Eksklusif Diskominfo Tangsel for indolinear.com
Kamis, 27 Februari 2020

Indolinear.com, Tangsel – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) setempat menggelar Sosialisasi Persiapan Pelaksanaan Perbaikan Rumah Umum Tidak Layak Huni (RUTLH).

Sosialisasi yang melibatkan calon pemilik  rumah yang akan dibedah tersebut digelar secara bergantian disetiap Kecamatan di Tangsel.

Menurut Kepala Disperkimta Tangsel Ade Suprizal, total RUTLH di Tangsel sebanyak 2.776. Untuk tahun 2020 akan ditangani 305 unit yang ditargetkan selesai sebelum Idul Fitri pada bulan Mei 2020 mendatang.

“Kami harap program yang sudah diusulkan dapat dijalankan sesuai dengan tahapan yang sudah dilaksanakan. Mohon partisipasi untuk sama-sama menyongsong percepatan pelaksanaan kedepan,” jelasnya.

Pihaknya akan menjalankan program tersebut dibagi menjadi dua tahap. Namun semua ditargetkan selesai di bulan Mei 2020. Agar para pemilik rumah bisa menempati saat lebaran Idul Fitri.

“Berdasarkan Perwal nomor 6 tahun 2018 bahwa kami mempunyai metode dalam rangka RUTLH ini adalah penyediaan barang material melalui BKM terdiri dari bahan bangunan, jaringan listrik dan air bersih,” katanya.

Selain itu, ada jasa perencanaan dan konstruksi. Sehingga para pemilik rumah akan menerima dalam kondisi bangunan siap ditempati. Namun untuk isi rumah seperti tempat tidur, lemari dan sebagainya belum bisa disiapkan.

“Pelaksanaan ini kami melibatkan BKM. Kami mohon kerjasama semua pihak BKM mulai dari proses survey, perencanaan, pelaksanan sampai proses pertanggungjawabannya harus baik,” bebernya.

Sementara, dalam sambutannya Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa rumah adalah tempat untuk berteduh disaat hujan maupun panas.

“Tempat untuk berkumpulnya keluarga layaknya surga di dunia. Mudah-mudahan jika rumahnya sudah bagus bisa untuk berkumpul maka ibadahnya semakin meningkat,” ungkapnya.

Walikota Airin menitipkan rumah yang nantinya dibedah agar selalu dijaga oleh pemiliknya. Apa yang dilakukan pemerintah menurutnya merupakan kewajiban.

“Mudah-mudahan para pemilik rumah bisa merasakan kebahagiaan dunia, dengan tujuan akhir agar bisa meraih kebahagiaan di akhirat,” paparnya.

Walikota Airin juga menitipkan pesan pada BKM untuk bisa berkolaborasi, bekerjasama dan melibatkan semua masyarakat. Karena perbaikan RUTLH ini adalah bagaimana bisa bekerjasama saling gotong royong bersama masyarakat sekitar.

“BKM sangat terbuka untuk siapa pun agar ada kegiyuban dan kegotong royongan untuk bisa memberikan dan berbuat  kebaikan. Saya titip pesan betul, agar kualitas dari pekerjaan harus baik,” pesannya.

Ia juga menyampaikan agar pelaksanaan ini benar secara perencanaan, benar secara pelaksanaan, dan benar secara pertanggung jawaban. Mudah-mudahan ini menjadi ladang ibadah bagi semua pihak yang membantu.(ADV)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:

Berita Menarik Lainnya