Pemkot Tangerang Raih Penghargaan Pengelola Pengaduan Terbaik dari Kementerian PANRB

FOTO : Eksklusif Diskominfo Kota Tangerang for Indolinear.com
Rabu, 25 November 2020
loading...

Indolinear.com, Kota Tangerang – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia tak terkecuali di Indonesia, menuntut setiap daerah untuk menghadirkan berbagai inovasi dalam pelayanan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan yang paripurna pada masyarakat.

Seperti melalui Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang. Dalam pengelolaan pengaduan, LAKSA turut berkolaborasi dengan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SPAN) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

Berkat layanan tersebut disertai respons yang sigap dan cepat dari para petugas, Pemkot Tangerang pun diapresiasi penghargaan dalam acara Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 yang digelar oleh Kementerian PANRB, Rabu (25/11/2020), di Gedung Tribrata, Jalan Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Wali Kota Tangerang H. Arief. R. Wismansyah menerima langsung penghargaan tersebut. Arief mengatakan, penghargaan ini didedikasikan kepada seluruh pegawai Pemkot Tangerang yang telah memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat selama 1×24 jam tiap hari.

“Kerja keras seluruh teman-teman OPD patut diacungi jempol. Semoga penghargaan ini dapat semakin memacu semangat teman-teman semua dalam membangun kota dan menyejahterakan masyarakat Kota Tangerang,” ujar dia.

Hal ini tentu tak luput dari inovasi yang terus dikembangkan oleh Diskominfo Kota Tangerang dalam pemenuhan kebutuhan layanan aspirasi  masyarakat melalui media sosial, SP4N LAPOR!, dan LAKSA. Di mana saat ini kanal pengaduan tersebut dikelola melalui fitur LAKSA dan ke depan akan diintegrasikan dengan SP4N LAPOR!.

“Alhamdulillah siang tadi, kami menerima penghargaan dalam kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik 2020 melalui kanal SP4N LAPOR TLR pada Kategori Pengelola dengan Perubahan dan Perbaikan Pengelolaan Pengaduan Terbaik,” kata Kepala Diskominfo Kota Tangerang Mulyani.

Dia menyebut, fitur LAKSA yang diadopsi dari makanan khas Kota Tangerang ini hadir sejak 2016, berupa layanan berbasis aplikasi yang berfungsi untuk merespons berbagai pengaduan masyarakat, mulai dari infrastruktur, pendidikan, pelayanan di kantor pemerintahan, hingga kesehatan.

“Dalam LAKSA, kami menerima berbagai aduan warga, tidak hanya soal pendidikan, namun semenjak maraknya wabah Covid-19 memang aduan LAKSA didominasi soal kesehatan,” lanjut Mulyani.

Menurut data yang dihimpun dari UPT Pengelola Ruang Kendali Kota Tangerang, terdapat 1.663 aduan terhitung sejak 1 Januari 2020 hingga 25 November 2020. Pengaduan tersebut mencakup Covid-19, bantuan sosial, PSBB, dan protokol kesehatan.(ADV)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: