Pemkot Tangerang Lima Besar Daerah Peningkatan Realisasi PAD Tertinggi di Indonesia

FOTO : Eksklusif Badan Pendapatan Daerah Kota Tangerang for Indolinear.com
Jumat, 3 Juni 2022

Indolinear.com, Kota Tangerang – Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah atas realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) serta realisasi pendapatan asli daerah (PAD). Kategori penghargaan yaitu Realisasi APBD Tertinggi Tahun Anggaran 2021 dan Realisasi PAD Tertinggi Tahun Anggaran 2021

Pemberian penghargaan tersebut merupakan rangkaian dari acara Rapat Koordinasi Nasional Keuangan Daerah Tahun 2022. Acara bertema “Percepatan Realisasi APBD dan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri,” itu diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis, 02 Juni 2022.

Walhasil, kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Pemkot Tangerang mendapatkan penghargaan sebagai pemerintah daerah dengan realisasi peningkatan PAD Tertinggi dari Tahun 2020 ke Tahun 2021 Kategori Kota.

Prestasi ini sekaligus menjadikan Pemkot Tangerang satu dari lima kota dengan realisasi PAD tertinggi di Indonesia.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mengatakan, peningkatan PAD Kota Tangerang masih dapat dioptimalkan walaupun di tengah terpaan pandemi Covid-19. Sebab, pandemi Covid-19 berdampak pada sektor ekonomi, tidak hanya di skala lokal namun hingga ke skala global.

“Alhamdulillah, Pemkot Tangerang masih bisa menggenjot pendapatan daerah walaupun dalam kondisi Covid-19,” ujar Arief usai menerima penghargaan.

Dia menyebutkan, kondisi ekonomi sempat mengalami kontraksi hingga berada di posisi -6,92 pada tahun 2020 dan mengalami perubahan positif di angka 3,70 pada tahun 2021.

Pencapaian ini, lanjut dia, menjadi sebuah hasil positif atas upaya yang dilakukan antara pemerintah daerah bersama masyarakat.

“Hingga akhirnya kerja keras bersama itu berbuah hasil dengan apresiasi dari pemerintah pusat,” ucap Arief.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Kiki Wibhawa mengucapkan selamat kepada Wali Kota Tangerang dan Pemkot Tangerang atas raihan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri atas Realisasi APBD Tertinggi Tahun 2021.

“Terlebih Pemkot Tangerang masuk lima besar daerah peningkatan realisasi PAD tertinggi di Indonesia. Tentu ini tidak terlepas dari upaya dan inovasi serta kolaborasi seluruh stakeholder terkait, termasuk Bapenda Kota Tangerang,” kata Kiki.

Dia menjelaskan, realisasi PAD Kota Tangerang Tahun Anggaran 2021 mencapai lebih dari Rp1,819 triliun atau 102,75 persen dari target sebesar Rp1,869 triliun.

“Sementara PAD di tahun 2020 mencapai Rp1,649 triliun atau 112 persen dari target sebesar Rp1,649 triliun,” pungkas Kiki. (ADV)