Pemkot Bekasi Telah Menyuntikkan 200.000 Dosis Vaksin Covid-19 Kepada Warga Kota Bekasi

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Rabu, 16 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi telah menyuntikkan 200.000 dosis vaksin virus corona atau Covid-19 kepada masyarakat

Data penyuntikan Covid-19 itu dikemukakan Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bekasi Dezy Syukrawati.

Penyuntikkan vaksin Covid-19  tersebut dibagi menjadi beberapa tahap.

Tahap pertama, sebanyak 113.000 dosis vaksin telah diberikan kepada target-target vaksinasi seperti pejabat publik, aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri dan tenaga kesehatan.

“Capaian vaksin kita sampai per tanggal 5 Juni 2021 itu udah sekitar 113.000 untuk dosis pertama,” kata Dezy saat ditemui di Stadion Patriot Candrabhaaga, dilansir dari Wartakota.tribunnews.com (15/06/2021).

“Dosis keduanya sudah lebih dari 85.000. Artinya kita sudah menyuntik untuk kegiatan vaksinasi itu hampir 200.000 lebih,” katanya lagi.

Sedangkan untuk tahap 2, vaksin Covid-19 diberikan kepada tenaga pengajar, lansia beserta petugas pelayanan kesehatan.

Dezy menambahkan, Pemkot Bekasi sejauh ini menargetkan sebanyak 307.000 dari 2,4 juta jiwa yang menerima vaksin Covid-19.

“Kalau tahap kedua kemarin kan kita dikasih 307.000, jadi kita menyelesaikan 307.000, nanti kita tunggu informasinya mau dikasih berapa kita dari nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Saimin (68) -warga Kelurahan Kayuringin-mengapresiasi kegiatan vaksinasi massal yang digelar pemerintah.

Saimin sebagai penyintas telah lebih dulu menderita Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri selama 10 hari pada Februari 2021.

“Semoga tetap sehat dan terimakasih kepada pemerintah sudah difasilitasi. Kalau istri saya sudah divaksin duluan. Karena saya penyintas, jadi baru sekarang,” kata Saimin.

Dievaluasi

Warga Kota Bekasi antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19 massal di Stadion Patriot Candrabhaga (PCB), Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (14/6/2021).

Antrean panjang mengular di pinggir pintu masuk menuju stadion ketika proses swab antigen berlangsung.

Ribuan masyarakat memadati kawasan tersebut dan rela mengantre sejak pagi hingga siang hari.

“Kalau ramai pasti ramai, kan ada kurang lebih 2.000 orang,” ucap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Candrabhaga.

Petugas gabungan dari Polres Metro Bekasi Kota, Kodim 0506/Kota Bekasi dan Pemkot Bekasi berupaya memberikan pelayanan dan mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga jarak.

“Tapi alhamdulillah bisa kita kendalikan, yang masih belum baik, kan kita jadi kan pelajaran untuk perbaikan. Tapi di sini tentunya kita harapkan sama-sama punya kesadaran prokes,” ujarnya.

Oleh sebab, Pemkot Bekasi akan melakukan evaluasi untuk mengatur alur beserta proses vaksinasi agar lebih tertata rapih.

Pemkot Bekasi menargetkan memvaksinasi 10.000 orang per hari.

Nantinya akan berdiskusi dan proses vaksinasi massal akan dilanjutkan Rabu (14/6/2021) mendatang.

Vaksinasi massal juga menunggu distribusi vaksin yang akan diberikan Kementerian Kesehatan.

“Besok saya evaluasi besar-besaran, Rabu Insya Allah kita lakukan lagi. Kita rencana vaksinasi sampai akhir bulan.”

“Makanya tempat-tempat yang sudah tersedia tidak boleh diubah ini, tapi nanti kita perbaiki,” ucap Rahmat.

“Mudah-mudahan hari ini atau minggu ini, vaksin yang dijanjikan Pak Menkes dikirim dari sana,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Senin (14/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berharap, kota-kota lain bisa mencontoh Kota Bekasi dalam menyelenggarakan vaksinasi massal di fasilitas publik yang besar dan ruang terbuka.

“Kita melihat proses yang ada di sini menggunakan lapangan sepakbola dan bisa mencakup jumlah yang banyak baik untuk disabilitas, pelayan publik,” ucap Jokowi.

“Kita berharap dengan model seperti yang ada di Bekasi ini bisa diterapkan di kota dan kabupaten yang lain sehingga vaksinasi berlangsung dalam jumlah yang banyak,” tuturnya lagi.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan, vaksinasi massal hari ini di Stadion PCB dihadiri sekitar 2.000 orang.

“Yang pertama tadi Pak Presiden bangga dan berterima kasih. Bahkan, beliau akan meminta bupati dan wali kota itu untuk melakukan (vaksinasi) di outdoor. Karena dari aspek jarak dan tempat terpenuhi,” ujar Rahmat.

“Tadinya standarnya kita mau buat untuk 300 orang, tapi hari ini yang hadir hampir kurang lebih 2.000 orang,” katanya lagi.

Bahkan, beberapa pejabat pemerintah dari Bogor turut meninjau pelaksanaan vaksinasi agar bisa ditiru di wilayahnya ketika kegiatan vaksinasi massal.

“Bogor baru saja ngirim pejabatnya, karena dia dua atau tiga hari ke depan akan melakukan kegiatan yang sama dan diminta tadi sama Pak Gub dan Presiden juga dilakukan di stadion,” tutur Rahmat. (Uli)

loading...