Pemkot Bekasi Mempunyai 244 Titik WiFi Gratis Yang Bisa Diakses

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 1 Agustus 2020
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi punya fasilitas 244 WiFi gratis yang bebas diakses publik. Ratusan titik WiFi itu tersebar di 56 Kelurahan, kantor sekertariat RW, taman kota, hutan kota, lapangan olahraga, dan masjid-masjid.

“Tersebar, ada di kantor Pemerintah, sekertariat RW, di 56 Kantor Kelurahan, Puskesmas, hutan kota, lapangan. Ada 244 titik tersebar banyak sekali memang,” ucap Kepala Bidang Teknik Informatika Komputer (TIK) Diskominfo Erwin, dilansir dari Kompas.com (31/07/2020).

Meski ada 244 titik WiFi gratis yang bisa diakses warga, Erwin mengatakan bahwa baru Kelurahan Jatirahayu yang menyediakan tempat bagi siswa yang belajar dengan metode jarak jauh atau daring (dalam jaringan).

Padahal, kuota internet saat ini menjadi prioritas utama yang diperlukan pelajar pada masa pembelajaran jarak jauh.

“Bisa (digunakan umum), cuma kan lokasinya masih di kelurahan kita nanti bisa koordinasi dengan kelurahan. Kalau Kelurahan Jatirahayu kan itu sudah sediakan tempatnya, jadi kita support untuk penyediaan WiFi-nya, itu bagus,” ucap Erwin.

Erwin melanjutkan, tiap kelurahan bisa menyediakan tempat belajar siswa secara daring. Namun, pihak Kelurahan harus lebih dulu berkoodinasi dengan Diskominfo untuk pemasangan titik WiFi.

“Nanti kalau misalkan di mana bisa digeser itu ke lokasi yang akan dipakai untuk belajar tinggal bilang ke kami,” ucap dia.

Erwin mengatakan, untuk tahun ini pihak Pemkot Bekasi belum bisa menambah titik WiFi berkendala dengan anggaran yang minim. “Tahun ini belum ada penambahan. Maka mudah-mudahan tahun depan kondisinya sudah stabil kita bisa tambah WiFi di tempat lain,” kata dia.

Meski demikian, Erwin menyebutkan bahwa pihak Pemkot tengah melobi pihak ketiga untuk membantu pemasangan WiFi gratis di ruang publik tahun ini. Dengan begitu, titik WiFi gratis yang bisa diakses publik di Kota Bekasi akan bertambah banyak. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: