Pemkot Bekasi Membuka Pendaftaran PPDB 1-4 Juli 2020

FOTO: beritasatu.com/indolinear.com
Jumat, 26 Juni 2020
KONTEN MILIK PIHAK KETIGA. BERISI PRODUK BARANG, KESEHATAN DAN BERAGAM OBAT KECANTIKAN. MARI JADI PENGGUNA INTERNET SEHAT DAN CERDAS DENGAN MEMILAH INFORMASI SESUAI KATEGORI, USIA DAN KEPERLUAN.
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara daring tingkat SDN/sederajat, SMPN/sederajat mulai 1-4 Juli 2020. Jadwal ini, merupakan perubahan jadwal pendaftaran PPDB sebelumnya yang telah diumumkan Pemkot Bekasi.

“Jadwal prapendaftarannya yang diperpanjang. Semula dari tanggal 8-13 Juni 2020, lalu diperpanjang menjadi 8-30 Juni 2020. Sedangkan, untuk pendaftaran PPDB online dimulai 1-4 Juli 2020,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah, dilansir dari Beritasatu.com (25/06/2020).

Sama seperti daerah lain, Pemkot Bekasi menerapkan empat jalur penerimaan murid baru yakni Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Orangtua/Wali Murid, dan Jalur Prestasi.

Khusus Jalur Prestasi, pihak sekolah melihat dari nilai rata-rata rapor dalam lima semester terakhir. Hal ini dilakukan mengingat, selama beberapa bulan belakangan ini para murid belajar dari rumah saat pandemi Covid-19.

“Jalur prestasi berdasarkan nilai rata-rata rapor selama lima semester terakhir. Prestasi akademik juga dilihat dari sertifikat yang diperoleh sebelumnya,” tuturnya.

Selama ini, kata dia, persoalan terbanyak yang dihadapi para calon murid baru adalah persoalan nomor induk kependudukan (NIK) yang belum terverifikasi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi.

Jadi, saat prapendaftaran online, NIK murid belum terdaftar di database Disdukcapil Kota Bekasi. “Solusinya, NIK diverifikasi oleh petugas Disdukcapil makanya kita menurunkan tim operator di setiap kantor kecamatan yang terdiri dari petugas Disdukcapil, Dinsos, dan Disdik Kota Bekasi,” bebernya.

Untuk memudahkan orangtua/wali murid dari persoalan tersebut, Pemkot Bekasi membuka layanan di kantor kecamatan sekolah tujuan, bagi para orangtua yang akan melakukan proses verifikasi data kependudukan.

“Disdik bekerja sama dengan Disdukcapil, Dinsos serta kecamatan dan kelurahan untuk mempermudah dan memberikan pelayanan kepada warga yang ingin melakukan proses verifikasi saat prapendaftaran PPDB 2020,” katanya.

Sejauh ini, persoalan verifikasi NIK tersebut dapat diatasi mengingat Pemkot Bekasi telah memperpanjang prapendaftaran hingga akhir bulan ini. Sehingga, saat dijadwalkan pendaftaran PPDB tahun ajaran 2020/2021, semua berkas persyaratan administrasi telah dilengkapi. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: