Pemkab Pati Adakan Parade Seni dan Budaya Daerah

seputarmuriacom/indolinear.com
Kamis, 31 Agustus 2017
loading...

Indolinear.com, Pati – Seni dan budaya daerah merupakan tonggak berdirinya sebuah daerah. Dengan budaya itu, daerah bisa maju dan terus berkembang karena dukungan oleh seluruh elemen masyarakat. Bahkan, budaya adalah suatu identitas yang perlu dijaga dan dipertahankan.

“Parade Ksesenian dan kabudayaan adalah untuk nguri-uri kabudayan. Apalagi kali ini diikuti oleh 35 kabupaten/kota di Jawa tengah. Tentunya ini merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Pati,” ujar Bupati Pati Haryanto saat pembukaan acara Parade Seni dan Budaya Kabupaten Pati 2017 yang dipusatkan di Alun-alun Pati.

Dia menilai,  ada banyak kesenian tradisional di Kabupaten pati dan Jateng yang masih eksis sampai saat ini. Apabila kesenian itu tidak diberikan ruang dengan baik, tentunya perlahan akan punah.

“Peran serta  masyarakat, terutama para pemuda sebagai generasi penerus, tentunya dibutuhkan. Saya lihat, dari sekian banyaknya peserta ini, mereka yang akan tampil adalah para anak-anak dan pemuda. Ini menunjukkan, antusias mereka sangat besar untuk melestarikan kesenian daerahnya masing-masing,” tambah Haryanto.

Diketahui, Parade Seni dan Budaya ini merupakan rangkaian acara Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Temu Karya Sukarelawan 2017, Palang Merah Indonesia (PMI) yang diharapkan mampu memompa semangat masyarakat untuk terus menghidupkan kesenian dan kebudayaan daerah. (Gie)

 

loading...