Pemkab Pandeglang Optimistis Jadi Pemasok Ikan Bandeng

antaranewscom/indolinear.com
Rabu, 22 November 2017
loading...

Indolinear.com, Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten optimis untuk menjadi penghasil ikan bandeng sekaligus pemasok untuk memenuhi kebutuhan daerah lain.

“Kami memiliki potensi besar untuk pengembangan ikan bandeng, jadi ke depan kami yakin bisa menjadi salah satu daerah penghasil bandeng,” kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Selasa.

Pemkab Pandeglang terus mendorong para petani pembudi daya ikan untuk mengembangkan berbagai jenis ikan, termasuk bandeng.

Pemkab Pandeglang telah menetapkan sentra budi daya bandeng di Kecamatan Panimbang, namun ke depan dikembangkan di kecamatan lain.

Potensi untuk pengembangan ikan bandeng di Panimbang mencapai 350 hektare, namun yang saat ini telah dimanfaatkan baru 65 hektare, yang dikelola oleh 12 kelompok.

Potensi perikanan air tawar di Kabupaten Pandeglang di antaranya berada di Kecamatan Sumur, Cikeusik dan Cibitung.

Pemanfaatan potensi di tiga kecamatan itu diserahkan pada pihak swasta karena pemkab kekurangan anggaran dan sumber daya manusia untuk mengelola potensi tersebut. Sekarang sudah ada swasta yang mengelolanya.

Pemkab Pandeglang terus berupaya menambah dan meningkatkan SDM perikanan sehingga ke depan pengelolaan potensi yang ada, baik budi daya maupun tangkap bisa lebih dimaksimalkan.

Dalam pengadaan dan peningkatkan SDM perikanan, Pemkab Pandeglang, melalui Bidang Perikanan Dinas Pertanian menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Perikanan  (STP) Bogor Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, mendatangkan pekerja ahli untuk meberikan masukan dan pelatihan kepada pembudi daya. Dengan berbagai upaya yang dilakukan maka diyakini usaha perikanan budidaya terutama bandeng, akan terus berkembang. (Gie)