Pemkab Bekasi Menutup TPS Liar Desa Sindangjaya, Agar Masyarakat TakMembuang Sampah Sembarangan

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Kamis, 16 Juni 2022

Indolinear.com, Bekasi – Pemkab Bekasi kembali melakukan penutupan tempat pembuangan sampah (TPS) liar di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi.

Penutupan yang melibatkan unsur Muspika Kecamatan Cabangbungin dilakukan, Senin (13/06/2022).

Camat Cabangbungin Asep Buchori mengatakan, penutupan TPS liar di Desa Sindangjaya merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di lingkungannya.

“Sesuai dengan arahan dari Pj Bupati Bekasi, hari ini kita telah menutup TPS liar yang ada di Desa Sindangjaya,: ujarnya, dilansir dari Wartakota.tibunnews.com (15/06/2022).

“Hal itu sebagai salah satu cara untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” imbuhnya.

Menurut Asep, pihaknya akan mengangkut sampah-sampah rumah tangga yang ada di TPS liar tersebut ke tempat pemrosesan akhir sampah Burangkeng di Kecamatan Setu.

Setelah dibersihkan, lahan tersebut akan dimanfaatkan untuk tempat bercocoktanam warga di sekitar TPS liar.

“Lokasi TPS ini nantinya akan kita jadikan lahan tempat bertanam palawija, agar lahan ini bisa lebih produktif dengan cara ditanami singkong, cabe atau yang lain. Sehingga masayarat tidak lagi membuang sampah ke lokasi tersebut,” ucapnya.

Terkait sanksi, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya penindasan kepada Satpol PP Kabupaten Bekasi. Asep memastikan pengelola akan menerima sanksi tegas sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Selain pengelola, masyarakat yang kedapatan membuang sampah kembali di lokasi tersebut juga akan diberikan sanksi sehingga terdapat efek jera.

“Sesuai dengan Perda nomor 4 tahun 2012, kita akan memperketat kebijakan Pemerintah mengenai pelanggaran membuang sampah sembarangan yang dilakukan oleh maysarakat,” ungkapnya.

Asep mengimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Cabangbungin untuk tidak membuang sampah sembarang, dan menjaga lingkungannya untuk tetap sehat dan bersih dari sampah.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Desa Sindangjaya Ruslan mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, untuk mengangut sampah rumah tangga setiap harinya.

“Saat ini kita belum memiliki TPS, mungkin tahun depan kita anggarkan agar Desa Sindangjaya memiliki TPS sendiri dan masyarakat tidak lagi membuang sampah di pinggir kali,” katanya.

“Mungkin untuk saat ini solusinya kita meminta bantuan kepada DLH untuk mengangkut sampah yang sudah dikumpulkan,” imbuh Ruslan.

Pihaknya juga akan menempatkan sejumlah petugas Linmas untuk melakukan pemantauan agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah ke lokasi tersebut.

“Permasalahan sampah ini merupakan tanggung jawab kita semua, karena kalau bukan kita yang menjaga dan merawat bumi ini siapa lagi,” tuturnya. (Uli)

loading...