Pemkab Bekasi Menambah Target Terbitkan Sertifikat 50.000 Bidang Tanah

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 16 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi menambah target 50.000 sertifikasi bidang tanah pada 2021.

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, target tersebut untuk memaksimalkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebagai salah satu program strategis BPN.

“Kita juga menambah anggarannya supaya layanan ini dapat bertambah 50.000 bidang di 50 desa yang memang tingkat cakupan pendaftaran tanahnya masih rendah. PTSL ini bagian dari program strategis seperti yang dipaparkan dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional bersama Komisi II DPR RI,” ujar Dani dikutip Tribun Bekasi, dilansir dari Kompas.com (15/10/2021).

Dani mengatakan, PTSL di Kabupaten Bekasi terus digiatkan agar masyarakat bisa mendaftar dan mendapat sertifikat tanahnya.

Selain itu, Dani menyoroti tentang penataan ruang di Kabupaten Bekasi dimana Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) masih produk tahun 2011.

Menurut dia, data yang digunakan seharusnya pada 2016.

“Kita bentuk forum tata ruang yang mudah-mudahan dapat mengakselerasi Rencana Tata Ruang Wilayah. RTRW menjadi hal yang krusial di Kabupaten Bekasi makanya tadi kita sampaikan permohonan pemerintah Kabupaten Bekasi untuk dapat difasilitasi dari Kementerian ATR/BPN agar penyesuaian tata ruang di Kabupaten Bekasi dapat kita selesaikan,” ujarnya. (Uli)