Pemkab Bekasi Akan Mengangkut Sampah Di Kali Busa, Jumat Besok

FOTO: detik.com/indolinear.com
Kamis, 9 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sampah di Kali Busa, Tambun Utara, Bekasi, belum kunjung diangkut petugas kebersihan karena Pemerintah Kabupaten Bekasi kekurangan alat berat. Kini, Pemkab sudah memastikan bakal mengangkut sampah itu mulai lusa.

“Insyaallah, Jumat (10/9) start eksekusi,” kata Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Khaerul Hamid dilansir dari Detik.com (08/09/2021).

Pemkab Bekasi sempat mengalami kesulitan penyediaan alat berat, lantaran empat alat berat dari Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air dipakai untuk menormalisasi Sungai Cikarang sepanjang 40 km di kawasan utara, untuk mengatasi kekeringan.

Pihak Kecamatan Tambun Utara diperintahkan untuk mencari alat berat, demi mengangkut sampah-sampah di kali itu. Akhirnya, alat berat didapat.

“Dikondisikan camat dan kades,” kata Khaerul Hamid.

Satu ekskavator akal digunakan untuk membereskan sampah. Sebanyak 10 mobil angkut sampah Pemkab Bekasi juga bakal dikerahkan. Jumat (10/9) pagi, aktivitas pengangkutan akan dilakukan.

“Alat berat berupa 1 jenis ekskavator long arm, mobil angkut 10 unit, dan pasukan dari Tim Biawak 15 orang gabung dengan tim kecamatan dan desa,” kata Hamid.

Sampah itu ada di Kali Busa, tepatnya di aliran sebelah utara permukiman Desa Satriamekar, Tambun Utara. Sampah menutupi permukaan sungai di tengah sawah, memanjang sampai 200 meter. Bau tidak sedap tercium di sekitar lokasi. (Uli)