Pemkab akan Bangun 1.000 Jamban Guna Wujudkan Rumah Sehat

bantennewscoid/indolinear.com
Jumat, 17 November 2017
loading...

Indolinear.com, Pandeglang – Bupati Pandeglang, Irna Narulita berencana membangun 1.000 jamban pada tahun 2018 mendatang sebagai upaya untuk mewujudkan program kerjanya berupa rumah Sehat menuju keluarga sejahtera. Irna menyadari, saat ini masih banyak warganya yang melakukan aktivitas Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Nantinya, 1.000 jambanisasi itu akan disebar kebeberapa wilayah, khususnya wilayah pesisir dan kantung-kantung kemiskinan. Biar nanti mereka tidak BAB sembarangan lagi,” kata Irna saat memberikan sambutan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 di Alun-alun Pandeglang, Banten.

Menurut Irna, untuk menyukseskan hal itu, Pemkab akan melibatkan berbagai instansi terkait seperti DPUPR dan Dinas Kesehatan. Kedepannya, tenaga kesehatan juga diminta untuk tidak lagi mengandalkan tindakan kuratif dan rehabilitatif, melainkan lebih mengutamakan pencegahan yang bersifat preventif. Karena Irna menganggap jika banyak masyarakat yang sakit maka akan menjadi beban Pemkab juga.

“Kami butuh SDM yang sehat agar lebih produktif. Jika masyarakat banyak menyandang penyakit, akan menjadi beban pemerintah dan masyarakat. Maka ke depannya, tindakan kesehatan lebih pada pencegahan yang kami utamakan dengan preventif,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Didi Mulyadi menuturkan, saat ini, sudah 50 persen hunian di Pandeglang memiliki kriteria sebagai rumah sehat. Dinkes menargetkan pada tahun depan, dapat menekan angka rumah yang belum sehat hingga 15 persen.

“Tahun 2018, kami target 65 persen rumah tangga di Pandeglang tergolong sebagai rumah sehat. Dengan segala keterbatasan, kami akan bertahap yang penting ada progres,” imbuhnya. (Gie)