Pemerintah Kota Tangerang Selatan Terima Mobile Laboratory Biosafety Level-2

FOTO: Eksklusif Diskominfo Tangsel for indolinear.com
Rabu, 1 September 2021
loading...

Indolinear.com, Tangsel  – Pemerintah Kota Tangerang Selatan dapatkan hibah berupa Mobile Laboratory Biosafety Level-2 dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Hibah ini diberikan dalam rangka penanganan Covid-19 di Kota Tangerang Selatan. Bertempat di Puspiptek,Kamis (19/8/2021).

Sekretaris Daerah Kota Tangsel Bambang Noertjahjo menjelaskan bahwa dalam kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat dalam pandemi Covid-19, pemerintah terus berupaya meningkatkan kapasitas testing atau pemeriksaan. Hal ini dilakukan dalam rangka mendeteksi kasus-kasus covid-19 di masyarakat sehingga angka penyebaran dapat ditekan.

“Laboratorium yang diperbolehkan melakukan testing Covid-19 minimal berstandar biosafety level 2. dan sudah memenuhi persyaratan sarana prasarana, peralatan, biosafety cabinet , sumber daya manusia serta good laboratory practices,” Ujar Bambang dalam serah terima hibah tersebut di Puspiptek, Setu.

Dia menambahkan pada prinsipnya penetapan standar dan mekanisme testing bertujuan agar hasil testing yang dihasilkan baik dan akurat. Hasil testing dalam konteks Covid-19 yang menjadi penentu awal dimana tracing bisa dilakukan.

Saat ini, seluruh laboratorium rujukan yang terdaftar di Kementerian Kesehatan telah terintegrasi dalam sistem data nasional. Sehingga hasil laboratorium dapat langsung tercatat demi menghasilkan data yang realtime.

Bambang menambahkan adapun laboratorium pemeriksaan covid-19 di Kota Tangerang Selatan yang terdaftar di Kementerian Kesehatan yaitu Labkesda Kota Tangerang Selatan, RSU Kota Tangerang Selatan, Laboratorium FK UIN, RS Premier Bintaro, RS Mitra Keluarga, RS Eka, RS Sari Asih, RS IMC dan terakhir Laboratorium Health Way.

“Perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Tangerang Selatan, PUSPITEK dan BPPT sejak bulan Februari 2021 telah memeriksakan sebanyak 11.038 spesimen,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa Pemkot mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada BPPT yang telah membantu pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam penanganan covid-19 dengan mobile lab BSL-2.

“Kami mengucapkan terimakasih atas hibah Mobile Laboratory Biosafety Level kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan tentunya akan mempermudah akses dalam rangka kita melayani dalam menghadapi pandemi COVID-19,” Ujarnya dan menambahkan bahwa ini menjadi kebanggaan kita karena merupakan karya anak bangsa dari BPPT. (Adv)