Pemerintah Kota Tangerang Kembali Menerima Penghargaan Kota Sehat

republikacoid/indolinear.com
Kamis, 30 November 2017
loading...

Indolinear.com, Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali menerima penghargaan kota sehat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Tangerang H Sachrudin di Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan yang diberikan langsung oleh Dirjen KesMas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tersebut menjadi istimewa karena di Provinsi Banten hanya Kota Tangerang yang mendapatkannya. Sachrudin mengatakan bahwa prestasi ini merupakan hasil sinergitas pemkot dan masyarakat Kota Tangerang khususnya Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS).

“Prestasi ini harus terus dipertahankan karena kota sehat sangat seiring dengan program pemkot dalam mewujudkan Kota Tangerang yang bersih, indah dan nyaman, dan Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) mempunyai peranan penting mengajak masyarakat untuk menciptakan kota sehat di Kota Tangerang,” kata Sachrudin dalam keterangan tertulis, Rabu (29/11).

Sachrudin juga sepakat dengan kemenkes bahwa yang harus dibudayakan oleh masyarakat Kota Tangerang adalah perilaku hidup sehat dan lingkungan yang sehat. Dan itu bisa dimulai dari hal kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya.

“Kami harus dapat mengingatkan kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan. Selain sampah, masalah yang tidak kalah pentingnya adalah menata lingkungan agar tetap bersih dengan melakukan penghijauan di rumah ataupun di tempat ruang terbuka,” kata Sachrudin.

Sementara itu, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih dalam sambutannya mengatakan bahwa keberhasilan pembangunan pada sektor kesehatan tidak semata-mata ditentukan oleh hasil kerja keras sektor kesehatan, akan tetapi dipengaruhi juga dari hasil kerja serta kontribusi positif sektor lain di luar kesehatan. Dengan demikian dukungan dan peran serta masyarakat baik perorangan maupun instansi atau lembaga sangat mempengaruhi keberhasilan pembangunan kesehatan.

“Diharapkan kepada seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia untuk terus membina perilaku hidup sehat masyarakat, mewujudkan lingkungan yang sehat serta mempermudah masyarakat dalam menjangkau akses pelayanan kesehatan,” kata Endang. (Uli)