Pembunuh Massal Charles Manson Divonis Ke Kamar Gas Kematian

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 30 April 2021
loading...

Indolinear.com, Los Angeles – Charles Manson dan tiga anggota kultus hippy-nya dijatuhi hukuman mati di Los Angeles, 29 Maret 1971.

Mereka dinyatakan bersalah atas pembunuhan pada Agustus 1969 terhadap tujuh orang dan satu bayi dalam kandungan.

Korban mereka termasuk aktris hamil delapan bulan Sharon Tate – istri sutradara film Roman Polanski.

Tidak satu pun dari para terdakwa mendengar putusan mereka, karena mereka dikeluarkan dari ruang sidang usai mengganggu proses – seperti yang telah mereka lakukan beberapa kali selama persidangan sembilan bulan.

Manson, 36 tahun, diusir setelah memberi tahu hakim dan juri: “Anda tidak memiliki wewenang atas saya. Kau hampir tidak sebagus aku.”

Kaki tangan Manson antara lain Susan Atkins (22), Patricia Krenwinkel (23), dan Leslie Van Houten (21).

Atkins, yang juga diusir dari persidangan vonis berteriak: “Balasan kami akan keras. Kunci pintumu. Lindungi anak-anak anda.”

Jaksa penuntut – yang dipimpin oleh Vincent Bugliosi – menggambarkan Manson sebagai monster setan yang mengendalikan wanita yang ia gambarkan sebagai “robot tanpa pikiran”, dilansir dari Liputan6.com (28/04/2021).

Anggota juri Marie Mesmer berkata: “Dia adalah pemimpin, yang terburuk… Saya pikir dia pengaruh berbahaya bagi masyarakat, sangat berbahaya.”

Para wanita –yang, seperti Manson, telah mencukur kepala mereka– mengakui melakukan pembunuhan di bawah pengaruh obat halusinogen LSD tetapi membantah keterlibatan Manson.

Juri membutuhkan waktu 10 jam untuk memberikan putusan mereka dalam kasus yang telah merugikan negara bagian California lebih dari £ 400.000 (lebih dari $ 1 juta).

Selain pembunuhan Tate Atkins, Krenwinkel dan Manson divonis karena membunuh penulis Polandia Voyteck Frykowski, pewaris perusahaan kopi Abigail Folger, penata rambut Hollywood Jay Sebring dan seorang teman pengasuh Sharon Tate, Steven Parent.

Van Houten dijatuhi hukuman karena membunuh pemilik supermarket Leno la Blanca dan istrinya.

Hakim Charles Older berencana mengurangi hukuman penjara seumur hidup, tetapi dianggap tidak mungkin dia akan melakukannya.

Manson divonis ‘hukuman mati’ yang terkenal di San Quentin, di mana mereka akan dikirim ke rumah untuk menunggu hasil akhir dari banding otomatisnya.

Hakim Older mengkonfirmasi hukuman mati dalam penilaiannya pada 19 April 1971.

Ini telah menjadi salah satu persidangan pembunuhan terlama dalam sejarah AS, dengan juri diasingkan lebih lama dari sebelumnya –225 hari.

Hukuman Mati Dihapus, Jadi Hukuman Seumur Hidup

Mahkamah Agung California menghapuskan hukuman mati pada tahun 1972 dan keempatnya diberi hukuman seumur hidup.

Manson dan empat kaki tangan (laki-laki) lainnya kemudian dinyatakan bersalah atas pembunuhan Gary Hinman dan Donald (Shorty) Shea.

Charles Manson telah bertahan sebagai tokoh sekte untuk berbagai kelompok ekstremis dan telah menjadi subjek berbagai film dan dokumenter.

Pada April 2002 Manson ditolak pembebasan bersyarat untuk ke-10 kalinya dan permohonan Van Houten yang keempat belas ditolak pada Juni tahun itu. Atkins dan Krenwinkel juga memiliki banyak permohonan pembebasan bersyarat yang ditolak oleh pengadilan. (Uli)