Pembuatan SIM Melonjak Berkat Operasi Zebra Kalimaya 2017

ilustrasi/net
Rabu, 8 November 2017
loading...

Indolinear.com, Tangerang – Banten menggelar Operasi Zebra Kalimaya 2017 secara serentak. Hal ini ternyata berdampak positif pada tingginya antusiasme masyarakat untuk mendaftar pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Seperti di Satpas SIM Polres Metro (Polrestro) Tangerang, yang setiap harinya diserbu ratusan pemohon.

“Sudah tiga hari ini pendaftar pembuatan SIM C dan A meningkat sekitar 30 persen dari biasanya,” ujar Kanit Regident Polrestro Tangerang AKP Ari Agung.

Sejak dimulainya Operasi Zebra, kata Ari, ada sekitar 125 pendaftar setiap harinya. Lonjakan itu pun diprediksinya akan terjadi pada sepekan ini. “Kalau biasanya paling hanya sekitar 70 pendaftar saja,” ungkapnya.

Dengan lonjakan tersebut, ia pun mengimbau kepada masyarakat agar melengkapi persyaratan dan peraturan ketika hendak datang untuk membuat SIM. “Membawa fotocopy e-KTP sebanyak lima lembar, surat keterangan kesehatan, dan membawa struk pembayaran dari bank,” papar Ari.

Untuk biayanya sendiri, SIM C Rp 100ribu dan SIM A Rp 120 ribu melalui bank. Jika tidak membawa surat kesehatan, di area Satpas SIM Polrestro Tangerang juga tersedia dokter untuk pemeriksaan di lokasi.

“Untuk asuransi Rp 30 ribu tidak wajibkan, dan disini tidak ada calo, karena selalu dijaga oleh petugas yang berkeliling,” katanya.

Untuk masyarakat di luar daerah namun telah memiliki e-KTP juga dapat mendaftar di Satpas SIM Polrestro Tangerang. Pendaftraan dibuka untuk hari Senin – Kamis dibuka pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB dan hari Jumat dan Sabtu sampai pukul 11.00 WIB.

“Jika tidak ada gangguan sistem dari pusat, paling hanya dua sampai tiga jam sudah bisa langsung bawa pulang SIM. Dan disini juga ada tempat menyusui serta permainan untuk anak-anak,” jelas Ari. (Gie)